Hide Menu

Inilah 5+ Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading, Catat!

Ulasan Lengkap Tentang Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading. Temukan Juga Mesin Cuci Terbaik di Sini!

Artikel Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading ini diposting diperbarui
57 Pembaca
Like
Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading 2024
© freepik.com

Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading, Mana yang Lebih Bagus?

Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading, Mana yang Lebih Bagus?
freepik.com

Kalau sudah berbicara mengenai mesin cuci, ada dua jenis yang umum tersedia di pasaran, yaitu mesin cuci front loading alias bukaan depan dan mesin cuci top loading alias bukaan atas. Keduanya memiliki banyak perbedaan yang bisa bikin kepala Anda pusing saat memilih yang terbaik, mulai dari segi berat, dimensi loader, fitur, dan banyak lagi.

Apakah Volties ada rencana pasang mesin cuci di rumah namun bingung mau pilih yang mana di antara dua jenis mesin cuci ini? Kalau begitu, baca saja artikel ini sampai akhir. Lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menyajikan kelebihan dan kekurangan mesin cuci front loading dan top loading dengan lengkap.

Harapannya, setelah membaca artikel ini, Anda bisa memutuskan jenis mesin cuci apa yang akan Anda beli. Selain itu, demi membantu mendapatkan produk terbaik, tim Voltbaba juga akan menampilkan 9 mesin cuci terlaris yang berkualitas dari merk-merk terpercaya. Karena waktu Anda terbatas, untuk itu, scroll ke bawah untuk mulai membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading - Terbaru 2024

Semakin hari, teknologi semakin maju. Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju ini, mesin cuci di era ini pun semakin inovatif. Keunggulan mesin cuci keluaran terbaru pun beragam, mulai dari segi kemudahan penggunaan, kecerdasan, keamanan, kinerja, estetika, daya tahan, sampai efisiensi energi (T. Rakhmawati et al, 2019).

Dengan semua keunggulan-keunggulan di atas, kira-kira, mana yang lebih bagus antara mesin cuci top loading vs front loading? Untuk menemukan jawaban terbaik, cara yang bisa Anda ambil adalah dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari kedua jenis mesin cuci ini. Apa saja? Silakan cek poin-poin di bawah!

1
Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

Desain Modern, Kinerja Otomatis, Hemat Air, Putaran Mesin Cuci Lembut, Fitur Banyak, dan Hasil Pengeringan Maksimal

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

2
Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

Mahal, Siklus Mencuci Lama, dan Harus Membungkuk untuk Memasukkan Pakaian

Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

3
Kelebihan Mesin Cuci Top Loading

Otomatis, Harga Murah, Siklus Mencuci Cepat, dan Kemudahan Penggunaan

Kelebihan Mesin Cuci Top Loading

4
Kekurangan Mesin Cuci Top Loading

Lebih Boros Air, Suara Mencuci yang Bising, dan Hasil Perasan Kurang Maksimal

Kekurangan Mesin Cuci Top Loading

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Desain Modern, Kinerja Otomatis, Hemat Air, Putaran Mesin Cuci Lembut, Fitur Banyak, dan Hasil Pengeringan Maksimal
© freepik.com
1
Desain Modern, Kinerja Otomatis, Hemat Air, Putaran Mesin Cuci Lembut, Fitur Banyak, dan Hasil Pengeringan Maksimal

Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

Rekomendasi kami

Mari mulai ke bagian yang pertama, yaitu kelebihan mesin cuci front loading. Kira-kira, apa saja kelebihan dari jenis mesin cuci bukaan depan ini? Berikut daftarnya. 

  • Desain Modern dan Mewah

Kelebihan pertama dari mesin cuci front loading terletak pada desainnya. Sejak dulu, jenis mesin cuci ini memang sudah terkenal dengan desain yang modern serta minimalis, membuatnya banyak diminati oleh orang-orang di luar sana.

Mesin cuci front loading biasanya hadir dengan warna netral seperti putih atau abu-abu yang kemudian dipercantik dengan desain pintu kaca transparan. Karena desainnya, jenis mesin cuci ini mampu menambah nilai estetika di ruang laundry yang ada di rumah Anda.

  • Kinerja yang Otomatis

Saat mencuci dengan mesin cuci, Anda tentu berharap untuk menghemat tenaga Anda, ‘kan? Dengan mesin cuci front load, hal itu bisa Anda wujudkan. Karena pada dasarnya, kinerja dari mesin cuci ini full otomatis, mulai dari proses mengisi air, mencuci pakaian, membilas, sampai mengeringkan. Semuanya otomatis!

Dengan ini, artinya, Anda bisa menghemat tenaga Anda saat mencuci baju. Tugas Anda hanyalah memasukkan baju kotor ke tabung mesin cucinya dan mengeluarkan pakaian yang sudah selesai dicuci. Cuci baju jadi ala-ala kartun, cepat selesai! 

  • Hemat Air

Apakah mesin cuci front loading boros air? Saat menulis artikel ini, tim Voltbaba menemukan beberapa orang menanyakan pertanyaan tersebut. Lantas, apa jawabannya? Jawabannya adalah tidak. Dibanding dengan mesin cuci top loading, mesin cuci front loading jauh lebih hemat air. Inilah yang menjadi kelebihan mesin cuci front loading yang ketiga.

Alasannya sederhana, itu karena desain horizontal dari drum atau tabung mesin cuci ini. Berkat desain drum yang horizontal ini, semua pakaian yang Anda cuci bisa terendam sepenuhnya tanpa perlu mengisi drum dengan berliter-liter air sampai penuh.

  • Putaran Mesin Cuci yang Lembut

Kelebihan keempat dari mesin cuci front loading adalah putarannya yang lembut. Jenis mesin cuci ini tidak menggunakan mesin agitator untuk mengaduk dan mencuci pakaian seperti mesin cuci top loading. Sebaliknya, mesin cuci front loading memanfaatkan gerakan air dan putaran drum untuk mencuci pakaian kotor Anda sampai bersih.

Karena putarannya yang lembut ini, mesin cuci bukaan depan tidak akan merusak kualitas pakaian Anda meski itu adalah jenis pakaian berbahan sutra ataupun wol. Dengan ini, pakaian yang Anda cuci di mesin cuci tidak akan kusut, terlilit, ataupun rusak.

  • Fitur yang Melimpah

Bagus mana mesin cuci front loading atau top loading? Kalau berbicara mengenai fitur, mesin cuci front loading pemenangnya. Bagaimana tidak, jenis mesin cuci ini umumnya dilengkapi dengan berbagai macam fitur untuk memberikan Anda pengalaman mencuci yang mudah dan tiada duanya.

Fitur-fitur yang dimaksud ini contohnya inverter direct drive untuk proses pencucian yang tidak bising, UltraEco teknologi untuk menghemat listrik dan air, punch pulsator untuk hasil cucian yang bersih maksimal, dan masih banyak lagi. 

  • Hasil Pengeringan Lebih Maksimal

Jika dibandingkan dengan mesin cuci top loading, mesin cuci front loading punya kemampuan mengeringkan yang lebih baik. Dikatakan bahwa hasil perasan dan tingkat kekeringan pakaian yang dicuci di mesin cuci front loading 90% lebih baik ketimbang mesin tipe top loading.

Apa artinya? Tentu saja artinya adalah pakaian Anda lebih cepat kering dan bisa Anda kenakan di hari selanjutnya. Gak perlu lagi nunggu seharian biar kering!

Mahal, Siklus Mencuci Lama, dan Harus Membungkuk untuk Memasukkan Pakaian
© freepik.com
2
Mahal, Siklus Mencuci Lama, dan Harus Membungkuk untuk Memasukkan Pakaian

Kekurangan Mesin Cuci Front Loading

Rekomendasi kami

Masuk ke bagian yang berikutnya yaitu kekurangan mesin cuci front loading. Silakan cek poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  • Harga Mahal

Kalau berbicara tentang kekurangan mesin cuci front loading, maka itu ada pada harganya yang mahal. Bagaimana tidak, harga dari mesin cuci tipe bukaan depan bisa 2 kali lebih mahal daripada mesin cuci tipe bukaan atas. Sebagai contoh, mari ambil contoh mesin cuci dari merk Samsung.

Mesin cuci Samsung tipe front loading 7 Kg memiliki harga sekitar 4.3 juta rupiah. Sementara itu, mesin cuci Samsung tipe top loading 7.5 Kg dibanderol di harga 2.8 juta rupiah. Dari contoh ini, mudah untuk menyimpulkan bahwa harga mesin cuci bukaan depan memang lebih mahal daripada mesin cuci bukaan atas.

  • Siklus Mencuci yang Lama

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, putaran dari mesin cuci front loading itu lembut dan pelan. Meski hal ini bermanfaat karena tidak akan merusak kualitas pakaian Anda, ini juga menjadi kekurangan dari mesin cuci front loading. Karena putarannya pelan, otomatis siklus mencuci di mesin cuci ini jadi lebih lama.

Jadi, bagi Volties yang punya usaha laundry yang mana Anda harus mencuci banyak pakaian kotor dengan cepat, jenis mesin cuci front loading mungkin kurang cocok untuk Anda.

  • Harus Membungkuk untuk Memasukkan Pakaian Kotor

Mesin cuci front loading hadir dengan pintu drum yang terletak di depan. Itulah ciri khas dari jenis mesin cuci ini. Sayangnya, desain tersebut mengharuskan Anda untuk membungkuk atau duduk agar bisa memasukkan baju dan celana kotor Anda ke dalam mesin cuci.

Bagi sebagian orang, ini mungkin bukanlah masalah yang besar. Namun bagi sebagian orang lainnya, hal ini bisa jadi kekurangan karena bikin capek. Jadi, Volties ada di tim yang mana?

Otomatis, Harga Murah, Siklus Mencuci Cepat, dan Kemudahan Penggunaan
© freepik.com
3
Otomatis, Harga Murah, Siklus Mencuci Cepat, dan Kemudahan Penggunaan

Kelebihan Mesin Cuci Top Loading

Rekomendasi kami

Setelah Anda memahami kelebihan mesin cuci front loading, maka saatnya untuk mengetahui kelebihan mesin cuci top loading. Apa saja? Baca poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  • Kinerja Otomatis

Sama halnya dengan mesin cuci bukaan depan, kinerja mesin cuci top loading juga sudah otomatis. Anda hanya perlu menekan beberapa tombol dan mesin akan secara otomatis mencuci, membilas, dan memerasnya agar kering. Sayangnya, hal ini hanya berlaku untuk mesin cuci top loading 1 tabung, tidak dengan 2 tabung.

Khusus mesin cuci top loading 2 tabung, proses pencuciannya masih semi otomatis. Itu karena mesin cuci tipe bukaan atas 2 tabung hadir dengan desain 2 tabung, satu berfungsi sebagai tabung pencuci (wash) dan satunya sebagai tabung pengering (spin). Dengan desain yang seperti ini, maka Anda harus memindahkan baju dari drum wash ke drum pengering secara manual.

  • Harga yang Murah

Jika mesin cuci front loading punya harga beli yang mahal, maka mesin cuci top loading adalah sebaliknya. Harga dari jenis mesin cuci ini bahkan bisa 2 kali lebih murah daripada mesin cuci jenis bukaan depan. Sebagai contoh, mari lihat harga produk mesin cuci dari Electrolux.

Untuk mesin cuci Electrolux tipe front loading 7 Kg, harganya ada di angka 6.2 juta rupiah. Hal ini jauh lebih mahal daripada mesin cuci Electrolux tipe top loading dengan kapasitas yang sama dimana harganya hanya sekitar 2.4 juta rupiah saja. Ini bahkan 3 kali lebih murah!

Dengan ini, bisa disimpulkan bahwa mesin cuci top loading sangat cocok utnuk Volties yang lagi nyari mesin cuci namun punya budget yang minim. Jenis mesin cuci ini bisa menjadi pilihan yang paling oke untuk Anda.

  • Siklus atau Cycle Pencucian yang Cepat

Tidak seperti mesin cuci front loading yang memanfaatkan gerakan air untuk mencuci pakaian, mesin cuci top loading justru menggunakan alat agitator untuk mencuci pakaian. Karena hal ini, maka siklus pencucian dari mesin cuci bukaan atas jauh lebih cepat. Inilah keunggulan mesin cuci top loading yang ketiga.

Jadi Volties, jika Anda punya usaha laundry dan butuh mesin cuci yang mampu membersihkan banyak pakaian dengan cepat, maka mesin cuci bukaan atas adalah jawabannya.

  • Tidak Perlu Membungkuk saat Memasukkan Pakaian

Keunggulan yang keempat dari jenis mesin cuci bukaan atas adalah kemudahan penggunaannya. Sesuai namanya, top loading artinya bukaan atas. Berarti, mesin cuci top loading hadir dengan desain pintu drum yang terletak di atas. Berkat ini, Anda tidak perlu membungkuk untuk memasukkan atau mengangkat pakaian Anda dari mesin cuci.

Lebih Boros Air, Suara Mencuci yang Bising, dan Hasil Perasan Kurang Maksimal
© freepik.com
4
Lebih Boros Air, Suara Mencuci yang Bising, dan Hasil Perasan Kurang Maksimal

Kekurangan Mesin Cuci Top Loading

Rekomendasi kami

Di bawah ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki mesin cuci top loading alias bukaan atas. Silakan cek!

  • Hasil Perasan yang Kurang Maksimal

Kekurangan yang pertama dari mesin cuci tipe top loading terletak pada hasil perasannya dan pengeringnya yang kurang maksimal. Karena hal ini, Anda harus memeras pakaian Anda sekali lagi agar lebih cepat kering saat Anda jemur di tempat jemuran.

  • Lebih Boros Air dan Detergen

Boros air dan detergen adalah kekurangan mesin cuci top loading yang kedua. Karena desain drum dari mesin cuci ini berbentuk vertikal, maka Anda harus mengisi bak pencuci dengan berliter-liter air sampai penuh agar pakaian bersih. Karena volume liter air yang banyak, otomatis detergen yang harus Anda masukkan juga harus lebih banyak.

  • Suara Pencucian yang Bising

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, mesin cuci top loading dilengkapi dengan motor agitator untuk proses pencucian yang lebih cepat. Sayangnya, penggunaan motor ini justru membuat mesin cuci top loading sering menghasilkan suara yang bising.

Jika Anda tidak masalah dengan suara bising, maka ini bukan suatu masalah yang besar. Namun sebaliknya, jika Anda risih dengan adanya suara bising saat proses mencuci ini, ada baiknya Anda memilih untuk membeli mesin cuci tipe front loading yang mana siklus mencucinya lebih tenang.

Tanya Jawab Seputar Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading

Bagaimana Volties? Sudah tahu apa saja kelebihan dan kekurangan mesin cuci front loading dan top loading? Kalau dirasa masih belum, luangkan saja sejenak waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah. 

Berapa watt mesin cuci top loading?

Ukuran daya watt tiap mesin cuci top loading berbeda tergantung kapasitasnya. Berikut detailnya:

  • Kapasitas 6-7 Kg: 190–250 watt
  • Kapasitas 6-9 Kg: 250–280 watt
  • Kapasitas 10+ Kg: 280+ watt

Apa bedanya front loading dan top loading?

Perbedaan yang paling mendasar antara mesin cuci top loading vs front loading terletak pada desain loader, efisiensi energi listrik dan air, kapasitas, kinerja pembersihan, cycle time atau waktu siklus, kebisingan, ukuran dan berat, serta kenyamanan.

Apa yang dimaksud dengan mesin cuci top loading?

Top loading artinya bukaan atas. Jadi, dapat disimpulkan bahwa mesin cuci top loading adalah jenis mesin cuci yang punya desain pintu drum yang terletak di atas. Hal ini tentu membuat Anda tidak perlu membungkuk saat memasukkan atau mengeluarkan pakaian dari mesin cuci.

Berapa liter air yang dibutuhkan mesin cuci front loading?

Secara umum, mesin cuci front loading membutuhkan sekitar 94 liter air agar dapat mencuci pakaian Anda sampai bersih dalam sekali putaran.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading

Selesai sudah pembahasan panjang tim Voltbaba tentang kelebihan dan kekurangan mesin cuci front loading dan top loading. Seperti yang sudah Anda ketahui, kedua jenis mesin cuci ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, entah dari segi desain, fitur, efisiensi energi, kemudahan penggunaan, dan masih banyak lagi.

Sekarang pertanyaannya, bagus mana mesin cuci front loading atau top loading? Jawabannya sudah pasti, tergantung kebutuhan dan preferensi Anda. Jika Anda butuh mesin cuci berkualitas yang awet dengan desain yang modern, hemat air, dan punya banyak fitur, maka mesin cuci front loading adalah jawabannya.

Sebaliknya, jika Anda butuh mesin cuci murah namun awet dan mampu membersihkan pakaian kotor sampai bersih dengan cepat, maka mesin cuci top loading adalah pilihan paling ideal. Jadi, apakah Volties sudah menentukan mau beli mesin cuci yang mana setelah membaca artikel ini? Kalau begitu, jangan buang waktu Anda dan belilah segera!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo