Hide Menu

Jangan Sampai Salah Beli! Kenali 4 Perbedaan Kompor Tanam Stainless vs Kaca Paling Umum

Penjelasan Seputar Perbedaan Kompor Tanam Stainless vs Kaca, Mulai dari Penampilan, Kemudahan Pembersihan, dan Daya Tahan

Artikel Kompor Tanam Stainless vs Kaca ini diposting diperbarui
626 Pembaca
Like
Kompor Tanam Stainless vs Kaca 2024
© freepik.com

Sekilas Tentang Kompor Tanam

Sekilas Tentang Kompor Tanam
freepik.com

Di era modern seperti saat ini, desain dapur rumah dengan konsep modern minimalis menjadi desain dapur yang paling banyak diminati oleh banyak orang. Oleh karena itu, tidak sedikit pemilik rumah yang mulai pakai kompor tanam ketimbang kompor-kompor konvensional seperti kompor listrik ataupun kompor gas reguler.

Untuk Anda yang belum tahu, kompor tanam merupakan jenis kompor built-in hop yang pemasangannya menyatu dengan meja dapur. Lebih mudahnya, sesuai gambar di atas, kompor tanam adalah jenis kompor yang biasanya dipasang tertanam di dalam meja dapur dan hanya memperlihatkan tungku kompornya saja.

Berkat cara pemasangannya yang unik, kompor tanam mampu memberikan kesan minimalis namun elegan dan mewah pada dapur rumah. Cocok banget buat Volties yang ingin merubah dapur rumah dengan gaya yang lebih modern serta minimalis.

Selain itu, berdasarkan jenis bahan bakarnya, kompor tanam dibagi menjadi tiga jenis, kompor gas tanam, kompor induksi tanam, dan kompor listrik tanam. Sementara itu, jika melihat dari penggunaan materialnya, kompor tanam terbagi menjadi dua jenis, kompor tanam stainless steel dan kompor tanam kaca atau juga dikenal dengan kompor tempered glass.

Nah, kira-kira, apa perbedaan antara kompor tanam stainless steel dengan kompor tanam kaca? Simak artikel ini untuk mengetahui review perbedeaan antara kompor tanam stainless vs kaca. Selamat membaca!

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam

Kelebihan dan Kekurangan Kompor Tanam
freepik.com

Kompor merupakan salah satu alat dapur penting yang digunakan masyarakat Indonesia untuk menyediakan berbagai jenis makanan guna memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari (Septianissa. A et al, 2020). Karena fungsi pentingnya ini, kompor menjadi alat yang harus ada di setiap dapur rumah, termasuk kompor tanam.

Nah, sebelum Anda mengetahui perbedaan antara kompor tanam gas stainless steel dengan kompor tanam tempered glass, ada baiknya Anda memahami kelebihan dan kekurangan dari kompor tanam. Harapannya, informasi ini dapat membuat Anda semakin yakin untuk memasang kompor tanam di rumah.

Kelebihan Kompor Tanam

Secara garis besar, di bawah ini adalah kelebihan dari kompor tanam.

  • Mampu memberikan tampilan minimalis, mewah, dan elegan pada dapur rumah Anda
  • Membuat dapur rumah menjadi lebih rapi karena pemasangannya yang tertanam di meja dapur
  • Mudah dibersihkan
  • Ukuran kompor yang compact sehingga tidak banyak memakan tempat di dapur
  • Hadir dengan berbagai macam fitur modern untuk kemudahan penggunaan
  • Lebih aman karena tidak memiliki resiko tersenggol ataupun terjatuh

Kekurangan Kompor Tanam

Sementara itu, berikut adalah beberapa kekurangan kompor tanam yang harus Anda ketahui.

  • Tidak dapat dipindah-pindahkan seperti kompor konvensional
  • Harga yang mahal
  • Pemasangan yang lebih ribet karena harus melubangi meja dapur untuk memasangnya

Rekomendasi Merk Kompor Tanam Terbaik

Rekomendasi Merk Kompor Tanam Terbaik
freepik.com

Misalkan Anda sedang mencari kompor tanam, berikut tim Voltbaba tampilkan beberapa merek terpercaya yang menjual kompor tanam berkualitas. Apa saja contoh merek kompor tanam terbaik? Cek tabel di bawah untuk mengetahuinya!

Rekomendasi 10 Merk Kompor Tanam Terbaik

RinnaiNikoModenaProgasSuggo
FotileAzaleaLinea TekaWinn GasElectrolux
A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Kompor Tanam Stainless vs Kaca - Terbaru 2024

Secara garis besar, ada empat aspek yang membedakan kompor tanam stainless steel dengan kompor tanam tempered glass alias kaca. Keempat aspek tersebut adalah desain atau penampilan, kemudahan penggunaan, ketahanan, dan harga. Seperti apa penjelasannya? Baca terus biar tahu!

1
Penampilan atau Desain

Kompor Semi Tanam Kaca Punya Tampilan yang Lebih Mengkilap dan Mewah

Penampilan atau Desain

2
Kemudahan Pembersihan

Keduanya Mudah Dibersihkan, Namun Kompor Tanam Kaca Lebih Mudah

Kemudahan Pembersihan

3
Daya Tahan

Kompor Tanam Stainless Lebih Unggul pada Segi Daya Tahan. Awet!

Daya Tahan

4
Harga

Kompor Tanam Tempered Glass Punya Harga Lebih Murah

Harga

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kompor Semi Tanam Kaca Punya Tampilan yang Lebih Mengkilap dan Mewah
© freepik.com
1
Kompor Semi Tanam Kaca Punya Tampilan yang Lebih Mengkilap dan Mewah

Penampilan atau Desain

Rekomendasi kami

Aspek pertama yang membedakan antara kompor tanam stainless vs kaca adalah tampilan. Meski memiliki desain mewah yang sebelas dua belas mirip, namun kedua jenis kompor tanam ini punya tampilan yang cukup berbeda jika Anda melihatnya lebih dekat.

Pasalnya, kompor tanam tempered glass alias kaca punya tampilan yang lebih mengkilap jika dibandingkan dengan kompor tanam stainless. Build quality dari kompor tanam kaca juga terasa lebih kokoh daripada kompor tanam stainless steel jika Anda menyentuh bagian tungkunya

Meski begitu, aspek penampilan sejatinya adalah aspek subjektif. Artinya, setiap orang punya preferensi dan seleranya masing-masing perihal tampilan kompor tanam seperti apa yang menawan. Pilihannya ada di tangan Volties!

Keduanya Mudah Dibersihkan, Namun Kompor Tanam Kaca Lebih Mudah
© freepik.com
2
Keduanya Mudah Dibersihkan, Namun Kompor Tanam Kaca Lebih Mudah

Kemudahan Pembersihan

Rekomendasi kami

Kalau sudah berbicara tentang aspek kemudahan pembersihan, maka kompor tanam kaca lebih unggul daripada kompor tanam stainless steel. Pasalnya dari segi pembersihan, Anda hanya memerlukan kain lembut dan air untuk membersihkan kotoran dan noda dari sisa-sisa aktivitas memasak Anda di dapur.

Sementara untuk model kompor tanam berbahan stainless steel, Anda membutuhkan sabun dan kain basah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel di kompor.

Kompor Tanam Stainless Lebih Unggul pada Segi Daya Tahan. Awet!
© freepik.com
3
Kompor Tanam Stainless Lebih Unggul pada Segi Daya Tahan. Awet!

Daya Tahan

Rekomendasi kami

Aspek ketiga yang membedakan kompor tanam stainless vs kaca terletak pada segi daya tahannya. Dalam segi daya tahan, kedua jenis kompor tanam ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, entah itu daya tahan terhadap goresan maupun daya tahan terhadap korosi dan tekanan.

Kompor tanam kaca yang terbuat dari material tempered glass memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap goresan, entah goresan dari spatula, pisau, dan berbagai peralatan dapur lainnya. Hal ini berbeda dengan kompor tanam stainless yang sangat mudah tergores dan meninggalkan bekas goresan yang mana dapat merusak tampilan mewahnya.

Sementara itu, jika melihat dari segi daya tahan terhadap korosi maupun tekanan, maka kompor tanam stainless steel lebih unggul. Alasannya adalah karena kompor tanam stainless terbuat dari campuran material besi, krom, dan nikel yang terkenal karena ketahanannya yang hebat.

Keunggulan dari materialnya ini membuat kompor tanam stainless lebih awet daripada kompor tanam tempered glass. Gak mudah pecah karena uap panas api yang berlebihan, dan gak mudah retak karena tekanan yang berlebihan adalah kelebihan dari kompor tanam stainless steel. Sudah pemasangan tinggal tempel, unggul pula! 

Kompor Tanam Tempered Glass Punya Harga Lebih Murah
© freepik.com
4
Kompor Tanam Tempered Glass Punya Harga Lebih Murah

Harga

Rekomendasi kami

Perbedaan yang keempat alias yang terakhir antara kompor tanam stainless steel dengan kompor tanam tempered glass ada pada harganya. Dari segi harga, kompor tanam berbahan stainless steel menawarkan harga yang lebih mahal daripada kompor tanam yang berbahan tempered glass.

Alasan kenapa harga kompor tanam stainless lebih mahal adalah karena material pembuatannya yang membuat jenis kompor tanam ini lebih awet dan tahan lama daripada kompor tanam kaca.

Sementara itu, kompor tanaman kaca yang terbuat dari bahan kaca biasanya lebih rentan pecah dan retak jika terkena tekanan yang berlebihan. Karena ketahanannya terhadap tekanan yang tidak begitu kuat, maka kompor tanam kaca cenderung memiliki harga yang lebih murah daripada kompor tanam stainless.

Tanya Jawab Seputar Kompor Tanam Stainless vs Kaca

Sebelum Anda pergi ke section akhir dari artikel ini, luangkan beberapa menit dari waktu Anda untuk mengecek pertanyaan-pertanyaan di bawah.

Kenapa kompor tanam kaca bisa pecah?

Alasan kenapa kompor tanam kaca bisa pecah adalah karena uap panas dari api yang berlebihan dan tekanan yang berlebihan dari peralatan memasak berukuran besar.

Apa kekurangan kompor gas tanam?

Satu kekurangan yang paling menonjol dari kompor gas tanam adalah desainnya yang menyatu dan tidak bisa dipindahkan. Oleh karena itu, saat memasang kompor tanam, Anda harus memasangnya di tempat yang tepat di dapur rumah Anda.

Kompor gas tanam apakah aman?

Sangat aman. Baik kompor gas tanam stainless maupun kompor gas tanam kaca, kedua kompor tanam ini sudah dilengkapi dengan pendeteksi kebocoran untuk keamanan penggunaan. Fitur ini akan membuat kompor tanam tidak bisa nyala jika terjadi kebocoran gas.

Kompor tanam yang bagus merk apa?

Di bawah ini adalah beberapa merek yang menjual kompor tanam berkualitas yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Rinnai
  • Niko
  • Modena
  • Progas
  • Suggo
  • Azalea
  • Fotile
  • Teka

Apa saja kekurangan kompor tanam kaca?

Kekurangan kompor tanam kaca terletak pada daya tahannya terhadap tekanan yang tidak begitu baik. Jadi, saat pakai kompor tanam kaca, Anda sebaiknya tidak membebaninya dengan alat memasak berukuran besar nan berat. 

Apa saja bahaya kompor gas tanam?

Pada dasarnya, semua kompor gas tanam sudah dilengkapi dengan pendeteksi kebocoran gas. Dengan ini, Anda tidak perlu khawatir perihal bahaya kompor gas tanam. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasak sembari merawat kompor gas tanam agar tahan lama.

Kesimpulan: Kompor Tanam Stainless vs Kaca

Itulah perbedaan paling mencolok antara kompor tanam stainless vs kaca. Kesimpulannya, jika Anda butuh kompor tanam dengan tampilan sleek yang tahan lama, maka pilihan terbaik yang bisa Anda ambil jatuh pada kompor tanam stainless steel.

Sebaliknya, jika Anda lagi nyari kompor tanam yang punya desain mewah dengan harga terjangkau, maka kompor tanam kaca cocok untuk Anda pilih. Apapun yang Volties pilih, pastikan membeli produk dari merk terkenal. Jika bingung mana yang bagus, klik saja link di atas. Jadi, Anda mau beli yang stainless atau kaca? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo