Hide Menu

Lampu Kamar Berapa Watt Sih? Sama atau Beda Tiap Kamarnya? Temukan Jawabannya di Sini!

Ukuran Watt dari Lampu Berbeda-beda Tergantung dari Besar dan Kecilnya Sebuah Kamar. Pelajari Selengkapnya di Artikel Ini!

Artikel Lampu Kamar Berapa Watt ini diposting diperbarui
1.8K Pembaca
Like
Lampu Kamar Berapa Watt 2024
© freepik.com/elenabatkova

Apa yang Dimaksud Watt pada Lampu?

Apa yang Dimaksud Watt pada Lampu?
freepik.com/studioworkstock

Sebelum kita membahas mengenai ukuran watt lampu untuk kamar yang tepat, mari sejenak kita pelajari mengenai ukuran watt ini. Watt merupakan satuan dari daya dengan lambang W yang dikenal sebagai salah satu besaran dalam fisika dan satuan dari daya dalam Sistem Internasional (SI). Secara umum, satu watt itu sama dengan satu joule per detik yang mana ini merupakan ukuran standar untuk mengukur seberapa cepat energi listrik ketika diubah maupun digunakan.

Untuk besaran watt, Volties pasti sudah tahu bahwa macamnya cukup banyak, mulai dari 11 watt, 16 watt, 25 watt, 35 watt sampai 40 watt. Meski ada yang lebih besar, tetapi penggunaannya itu bukan untuk kamar-kamar rumah yang biasa Volties pasang.

Selanjutnya, perlu Volties ketahui bahwasanya penemu satuan watt ini bernama James Watt. Yup, nama satuan watt ini diambil dari nama belakang sang penemu. Faktanya, James Watt juga merupakan seseorang yang menemukan mesin uap yang berjasa memicu adanya revolusi industri pada zaman itu.

Apakah rincian ringkas ini sudah memberimu gambaran tentang artikel lampu kamar berapa watt ini? Jika belum, Anda perlu membaca lebih lanjut untuk tahu berapa besaran watt yang dibutuhkan di beberapa macam ukuran kamar. Jadi, jangan kemana-mana dan teruslah membaca!

Mengenal Jenis-Jenis Lampu. Ada Berapa Sih?

Mengenal Jenis-Jenis Lampu. Ada Berapa Sih?
freepik.com/lifeforstock

Bukan hanya watt yang memiliki jenis yang berbeda tergantung dari jumlah besaranya, lampu pun memiliki beberapa jenisnya. Apa saja? Coba simak poin-poin di bawah untuk mengetahuinya!

  • Lampu Pijar

Jenis yang pertama ini merupakan alat penerangan yang sumber cahayanya berasal dari penyaluran listrik melalui filamen yang memanas yang kemudian dapat menghasilkan cahaya.

  • Lampu Neon

Sedangkan untuk jenis lampu yang satu ini, sumber cahayanya dibantu oleh tenaga elektrik yang nantinya memicu penguapan merkuri untuk menghasilkan gelombang ultraviolet.

  • Lampu Neon Kompak (CFL)

Jenis lampu ini memiliki kesamaan yang sama dengan lampu neon dalam hal cara kerjanya. Yang membedakan adalah ukurannya dimana lampu neon kompak terbilang lebih kecil daripada lampu neon.

  • Lampu HID

Selanjutnya adalah lampu HID atau kepanjangan dari High Intensity Discharge. Biasanya, jenis lampu ini tidak digunakan untuk penggunaan komersial di rumah, namun penggunaanya lebih untuk stadion maupun pabrik.

  • Lampu Hybrid Halogen CFL

Selanjutnya adalah Lampu Hybrid Halogen CFL. Ini merupakan jenis lampu yang menyatukan tiga teknologi  sekaligus, yaitu CFL, halogen, dan pijar. Hasil dari penggabungan ini menciptakan bohlam hybrid yang memiliki ukuran kecil seperti lampu pijar namun dengan cahaya yang lebih terang.

  • Lampu LED

Terakhir adalah Lampu LED. Nama dari jenis lampu ini berasal dari singkatan Light Emitting Diode. Janis lampu ini dapat menyala dengan aliran listrik tanpa perlu menghasilkan panas yang berlebih seperti kebanyakan jenis-jenis lampu sebelumnya.

Cara Mudah Menghitung Besaran Watt Lampu Kamar. Gak Ribet!

Cara Mudah Menghitung Besaran Watt Lampu Kamar. Gak Ribet!
freepik.com/lifeforstock

Ada rumus khusus untuk mengitung besaran watt pada sebuah ruangan. Dalam kata lain, Volties harus paham terlebih dulu besaran ruangan dan jumlah lumens yang diperlukan sebelum memutuskan untuk membeli lampu dengan watt tertentu. Seperti contoh ukuran kamar dari 2×2 meter hingga 5×5 meter pada tabel di bawah.

P/L2m3m4m5m
2m1000150020002500
3m1500225030003750
4m2000300040005000
5m2500375050006250

Jika 1 watt sama dengan 90 lumens untuk jenis lampu LED, maka dengan kamar berukuran 2×2 meter Anda hanya perlu membagi sesuai jumlah lumens. Berarti 1000 lumens (dari 2×2 meter kamar) dibagi 90 lumens (dari lampu LED) menghasilkan 11 watt. Jadi, untuk kamar ukuran 2×2 meter, maka Volties membutuhkan lampu LED dengan ukuran 11 watt.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

A. Ulinnuha
Editor
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Lampu Kamar Berapa Watt - Terbaru 2024

Seperti yang dikatakan oleh Hermanto (2017) lampu merupakan sumber penerangan yang orang-orang gunakan dalam kegiatan sehari-hari. Lantas, lampu untuk kamar berapa watt? Berikut adalah daftar watt lampu yang cocok untuk ukuran ruang pribadi yang ada di rumah Volties. Cek dengan teliti!

1
Lampu 11 Watt untuk Kamar Ukuran 2x2

Watt Kecil untuk Kamar Kecil Juga

Lampu 11 Watt untuk Kamar Ukuran 2x2

2
Lampu 16 Watt untuk Ukuran Kamar 3x2

Yang Sedang Wattnya Sudah Cukup

Lampu 16 Watt untuk Ukuran Kamar 3x2

3
Lampu 25 Watt untuk Kamar Ukuran 3x3

Kamar Jadi Terang Seharian

Lampu 25 Watt untuk Kamar Ukuran 3x3

4
Lampu 35 Watt Cocok untuk Ukuran Kamar 3x4

Watt yang Ideal untuk Kamar Mandi

Lampu 35 Watt Cocok untuk Ukuran Kamar 3x4

5
Lampu 40 Watt Ideal untuk Ukuran Kamar 4x4

Kamar Luas, Wattnya Juga Setara

Lampu 40 Watt Ideal untuk Ukuran Kamar 4x4

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Watt Kecil untuk Kamar Kecil Juga
© freepik.com/wirestock
1
Watt Kecil untuk Kamar Kecil Juga

Lampu 11 Watt untuk Kamar Ukuran 2x2

Rekomendasi kami

Untuk Anda sedang mengira-ngira berapa watt lampu untuk kamar tidur dengan ukuran kamar yang tidak lebih dari 2×2 meter, maka hendaknya Anda memilih jenis lampu dengan watt yan berukuran 11 watt saja. Selain kamar tidur, Anda juga bisa menggunakan jenis lampu 11 watt di ruang mandi atau dapur yang ukurannya sama.

Yang Sedang Wattnya Sudah Cukup
© freepik.com/mrsiraphol
2
Yang Sedang Wattnya Sudah Cukup

Lampu 16 Watt untuk Ukuran Kamar 3x2

Rekomendasi kami

Apabila ukuran salah satu ruangan di rumah Volties adalah 3×2 meter, maka sebaiknya Anda menggunakan lampu dengan watt yang mencapai angka 16 watt. Ini merupakan besaran watt yang pas dan cukup untuk ukuran ruangan compact 3×2 meter di rumah Anda itu.

Kamar Jadi Terang Seharian
© freepik.com/macrovector
3
Kamar Jadi Terang Seharian

Lampu 25 Watt untuk Kamar Ukuran 3x3

Rekomendasi kami

Watt lampu untuk ruang private dengan ukuran 3×3 meter yang ideal adalah 20 watt sampai 25 watt. Mana yang lebih bagus, 20 watt atau 25 watt? Jawaban ini tergantung pada kebutuhan Anda. Jika Anda merasa 20 watt sudah cukup, maka pilihlah lampu dengan ukuran 20 watt. Sebaliknya jika Anda merasa kurang, maka tidak ada salahnya memilih lampu dengan 25 watt.

Watt yang Ideal untuk Kamar Mandi
© freepik.com/lifeforstock
4
Watt yang Ideal untuk Kamar Mandi

Lampu 35 Watt Cocok untuk Ukuran Kamar 3x4

Rekomendasi kami

Untuk para Volties yang memiliki daya yang cukup untuk kamar dengan luas 3×4 meter, memilih lampu dengan 35 watt adalah pilihan terbaik. Ini merupakan jumlah watt yang cukup untuk menghemat energi listrik yang ada di rumah Anda.

Kamar Luas, Wattnya Juga Setara
© freepik.com/mrsiraphol
5
Kamar Luas, Wattnya Juga Setara

Lampu 40 Watt Ideal untuk Ukuran Kamar 4x4

Rekomendasi kami

Jika Anda berencana untuk membangun sebuah kamar tidur dengan ukuran seluas 4×4 meter, pastikan daya lampu yang akan Volties pilih sebesar 40 watt atau lebih. Kenapa? Alasannya adalah karena Jumlah tersebut sudah mampu untuk mengurangi pemborosan listrik dan sangat cukup untuk diinstall.

Tanya Jawab Seputar Lampu Kamar Berapa Watt

Inilah waktu yang tepat mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang belakangan muncul seputar berapa watt lampu kamar itu.

Berapa watt lampu standar?

Lampu standar biasanya memiliki watt sekitar 3, 5, 8, hingga mencapai puluhan. Bagaimanapun, jumlah watt ini mungkin akan berbeda di sebagian merk lampu.

Berapa watt lampu untuk kamar mandi?

Hal ini bergantung pada seberapa luas ukuran ruang mandi Anda di rumah. Apabila ukurannya 4 x 5 meter persegi, Volties dapat memakai lampu dengan watt 20 sampai 25.

Apakah lampu LED kamar boros listrik?

Tidak, jenis lampu ini tidak menghabiskan banyak listrik. Anda bisa membandingkannya dengan lampu pijar yang terbukti 90% lebih rendah energi listriknya.

Apakah semakin besar watt lampu semakin terang?

Ya, tentu saja. Semakin besar satuan daya yang tertera pada lampu akan menghasilkan sinar cahaya yang semakin bersinar atau sangat terang.

Kesimpulan: Lampu Kamar Berapa Watt

Sudahkah Volties paham mengenai lampu kamar berapa watt? Usahakan sebelum Anda menuju ke toko atau pergi berbelanja di online marketplace, pastikan untuk mengukur kamar Anda terlebih dahulu. Jika Anda sudah mengukurnya, maka Anda bisa segera membeli lampu dengan watt yang sesuai dengan ukuran ruangan Anda. Semoga artikel ini membantu!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo