Hide Menu

Gak Cuma Buat Masak Nasi, Inilah 5 Manfaat Rice Cooker Lain yang Anak Kos Wajib Tahu!

Mulai dari Fungsi Rice Cooker Sampai Manfaat Rice Cooker, Semua Pembahasannya Ada di Sini

Artikel Manfaat Rice Cooker ini diposting diperbarui
32 Pembaca
Like
Manfaat Rice Cooker 2024
© pexels.com/kabita-darlami

Apa Itu Rice Cooker dan Bagaimana Cara Kerja Rice Cooker?

Apa Itu Rice Cooker dan Bagaimana Cara Kerja Rice Cooker?
freepik.com

Rice cooker bahasa Indonesianya penanak nasi. Dalam arti lain, alat elektrik ini dirancang untuk menggantikan penggunaan kompor besar atau kamado yang dulunya digunakan untuk memasak nasi.

Pada dasarnya, cara kerja rice cooker ini erat kaitannya dengan tahapan perubahan beras menjadi nasi. Secara umum, ada empat tahapan yang dibutuhkan beras untuk berubah menjadi nasi, yaitu dimasak dengan air, mendidih, mengukus, dan penghangatan.

Reskuker hadir untuk memandu beras melewati empat tahapan ini. Saat proses pemasakan, beras akan dimasak menggunakan air mendidih dengan suhu sekitar 212° Fahrenheit atau 100° Celcius.

Kemudian setelah mendidih dan mencapai titik didih stabil, beras akan menyerap semua air yang ada di dalam reskuker. Baru setelah semua air telah terserap, suhu di dalam reskuker akan beralih ke siklus pemanasan. Jika nasi sudah matang dengan sempurna, maka reskuker akan secara otomatis berpindah ke mode penghangatan. Begitulah bagaimana rice cooker bekerja.

Sudah paham dengan cara kerja rice cooker? Kalau begitu, simak artikel ini sampai habis dan dapatkan pengetahuan seputar manfaat rice cooker. Artikel ini juga akan menampilkan informasi mengenai jenis-jenis rice cooker, kegunaan rice cooker, dan rekomendasi produk rice cooker yang bisa Anda pilih. Jadi, bacalah!

3 Jenis Rice Cooker yang Perlu untuk Anda Ketahui

3 Jenis Rice Cooker yang Perlu untuk Anda Ketahui
unsplash.com/pillepriske

Secara umum, ada 3 jenis rice cooker yang tersedia di pasaran. Apa saja dan seperti apa perbedaan antara ketiga jenis rice cooker ini? Di bawah ini adalah penjelasannya!

  • Rice Cooker Konvensional

Sesuai namanya, rice cooker konvensional merupakan jenis yang paling umum digunakan orang-orang. Jenis reskuker ini umumnya dirancang dengan desain yang sederhana agar mudah digunakan dimana hanya ada wadah tempat nasi dan elemen pemanas di bagian bawahnya. 

Di samping itu, desain sederhana dari reskuker ini memang dirancang untuk memenuhi fungsi utama, yaitu menanak nasi. Meski begitu, Anda pun masih bisa menggunakan reskuker konvensional untuk memasak hidangan lain, seperti bubur dan sup. Cocok banget buat anak kos yang tinggal sendiri!

  • Rice Cooker Multifungi – Magic Com

Berbeda dengan rice cooker konvensional, rice cooker multifungsi atau magic com atau mejikom merupakan jenis reskuker yang lebih canggih. Dilengkapi dengan berbagai macam program dan fungsi tambahan, magicom memungkinkan Anda untuk memasak berbagai jenis nasi, baik itu nasi putih, nasi pulen, nasi merah, dan sebagainya.

Tidak hanya itu, fitur-fitur yang ada pada magiccom juga memungkinkan Anda untuk dapat memasak beraneka ragam hidangan sesuai dengan pengaturan yang tersedia. Lebih baik lagi, majic com juga dilengkapi dengan sensor suhu dan tekanan yang berfungsi untuk mengatur proses memasak secara otomatis agar matang merata.

  • Magic Jar

Jenis yang terakhir adalah magic jar atau mejikjer. Ini merupakan jenis reskuker yang paling jarang digunakan karena fungsinya hanya sebatas menghangatkan nasi. Tergantung dari rentang waktu memanaskan nasi, megic jar terbagi menjadi dua jenis, yang dapat memanaskan nasi pada waktu tertentu atau selama seharian penuh.

Fungsi Rice Cooker Selain untuk Menanak Nasi. Apa Saja?

Fungsi Rice Cooker Selain untuk Menanak Nasi. Apa Saja?
unsplash.com/vdphotography

Menurut Muhammad Z. L dan Zakarias S (2022) dalam penelitian berjudul Penerapan Metode Fuzzy Logic pada Sistem Kontrol Rice Cooker Penghangat Dimsum menyatakan bahwa rice cooker adalah alat elektronik yang hadir dengan dua fungsi, memasak (cooking) dan menghangatkan (warming).

Dengan ini, itu berarti rice cooker memiliki fungsi lain selain menanak nasi untuk memudahkan aktivitas memasak Anda di dapur. Lalu, apa saja fungsi dan kegunaan rice cooker selain menanak nasi? Berikut penjelasannya!

1. Merebus dan Memasak Makanan Berkuah

Merebus makanan adalah fungsi lain dari rice cooker yang bisa Anda manfaatkan. Entah Anda ingin memasak sup atau merebus mie instan, Anda bisa menggunakan reskuker. Seperti apa caranya? Cukup mudah kok! Anda hanya perlu memasak air di dalam panci rice cooker dan tunggu hingga mendidih.

Jika sudah mendidih, maka Anda bisa mulai memasukkan mie instan atau sayur-sayuran sop di dalamnya. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa bumbu perasa agar rasa masakan Anda lebih lezat. Setelah itu, tutup kembali reskuker dan tunggu beberapa menit sampai matang.

2. Menggoreng

Selain merebus, Anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk menggoreng makanan, seperti tempe, tahu, dan telur. Cara menggoreng makanan di reskuker pun cukup mudah dimana Anda hanya perlu menuangkan minyak goreng ke dalam rice cooker, lalu tekanlah tombol dengan tulisan “COOK” untuk memulai proses cooking.

Jika dirasa minyak goreng sudah cukup panas, Anda bisa mulai memasukkan bahan makanan yang ingin Anda goreng. Siapkan juga sodet kayu agar Anda lebih mudah untuk membolak-balikkan bahan makanan yang Anda goreng.

3. Mengukus Makanan

Bukan cuma merebus dan menggoreng, rice cooker juga bisa Anda gunakan untuk mengukus makanan. Jadi, jika Anda baru membeli makanan di luar dan ingin memanaskannya, Anda bisa menaruhnya di tempat kukus di dalam reskuker. Jika sudah, Anda cukup menekan tombol dengan tulisan “WARM” untuk menghangatkan makanan Anda.

4. Membuat Kue

Memangnya rice cooker bisa dipakai untuk membuat kue? Bisa dong! Anda bisa menggunakannya untuk membuat beraneka ragam kue, seperti bolu, kue kukus, maupun roti panggang. Alasan kenapa reskuker bisa dipakai bikin kue adalah karena bahan panci reskuker itu terbuat dari teflon yang membuatnya cocok untuk Anda jadikan sebagai loyang.

Lalu, seperti apa cara untuk membuat kue di rice cooker? Pertama-tama, Anda bisa membuat adonan kue terlebih dahulu. Jika adonan sudah jadi, Anda bisa menaruh beberapa mentega pada wadah tempat reskuker dan menunggunya sampai meleleh. Setelah itu, masukkan adonan kue yang sudah Anda buat dan tunggulah sampai matang. Selesai, mudah kan?

5. Membuat Jelly dan Agar-Agar

Selain kue, Anda juga bisa menggunakan rice cooker untuk membuat jelly atau agar-agar. Caranya juga mudah, Anda hanya perlu merebus air bersama bubuk agar-agar dan gula pasir di dalam reskuker. Jika sudah matang, Anda bisa mendiamkannya dan mendinginkan agar-agar sampai mengeras.

Rekomendasi Rice Cooker Terbaik yang Ada di Pasaran

Rekomendasi Rice Cooker Terbaik yang Ada di Pasaran
pexels.com/josh-kobayashi

Di bawah ini adalah beberapa rekomendasi rice cooker terbaik dari beragam merek. Silakan cek!

  • Miyako MCM606A Magic Com Rice Cooker
  • Philips HD3119/30 Rice Cooker
  • Yong Ma SMC 4033 Rice Cooker
  • Cosmos CRJ-1031 Rice Cooker
  • Maspion MRJ 109 MS 3-in-1 Magic Com Rice Cooker
  • Sharp KS-N18MG Rice Cooker

Bagaimanapun, keenam rice cooker di atas merupakan produk reskuker serba guna yang sudah terkenal karena kualitasnya dan keawetannya. Jika Anda tertarik dengan salah satu produk reskuker di atas, maka Anda bisa segera membelinya di toko elektronik terdekat atau online marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Manfaat Rice Cooker - Terbaru 2024

Setelah Anda mengetahui jenis reskuker, fungsi rice cooker, dan rekomendasi produk rice cooker terbaik, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui 5 manfaat rice cooker. Apa saja manfaat-manfaat ini? Temukan jawabannya melalui poin-poin di bawah.

1
Penghematan Waktu

Gak Perlu Nunggu Berjam-jam. 30 Menit Saja Cukup untuk Menanak Nasi

Penghematan Waktu

2
Kemudahan Penggunaan

Gak Perlu Nyiapin Banyak Peralatan, Rice Cooker dan Aliran Listrik Sudah Cukup

Kemudahan Penggunaan

3
Hasil Masakan yang Konsisten

Nasi Kering? Nasi Lembek? Gak Ada Lagi!

Hasil Masakan yang Konsisten

4
Serbaguna untuk Masak Apa Saja

Bisa Buat Merebus, Menggoreng, dan Mengukus

Serbaguna untuk Masak Apa Saja

5
Bisa untuk Menghangatkan Makanan

Hangatkan Makanan Anda di Rice Cooker. Alat Rumah Tangga Ini Bisa!

Bisa untuk Menghangatkan Makanan

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Gak Perlu Nunggu Berjam-jam. 30 Menit Saja Cukup untuk Menanak Nasi
© freepik.com
1
Gak Perlu Nunggu Berjam-jam. 30 Menit Saja Cukup untuk Menanak Nasi

Penghematan Waktu

Rekomendasi kami

Tidak dapat dipungkiri, manfaat pertama dari adanya rice cooker adalah penghematan waktu. Dengan menggunakan reskuker atau mejikom, Anda kini tidak perlu menghabiskan banyak waktu seperti ketika Anda memasak menggunakan metode manual seperti dandang dan kompor.

Saat Anda memasak nasi menggunakan metode manual, Anda harus mengaduk nasi di dalam dandang sampai empuk dalam hitungan jam. Ditambah lagi, Anda juga harus bolak balik mengecek kondisi kompor untuk memastikan nasi di dalam dandang itu matang. Sementara dengan rice cooker, Anda hanya perlu memasukkan beras, menambahkan air sesuai takaran, dan selesai. Lebih hemat waktu, kan?

Gak Perlu Nyiapin Banyak Peralatan, Rice Cooker dan Aliran Listrik Sudah Cukup
© freepik.com/valeria-aksakova
2
Gak Perlu Nyiapin Banyak Peralatan, Rice Cooker dan Aliran Listrik Sudah Cukup

Kemudahan Penggunaan

Rekomendasi kami

Selain penghematan waktu, manfaat rice cooker lainnya adalah kemudahan penggunaan dibandingkan menggunakan cara manual. Bagaimanapun, saat Anda memasak nasi dengan cara manual, Anda memerlukan berbagai peralatan memasak ditambah dengan beberapa tata cara panjang yang harus Anda ikuti agar nasi Anda bisa matang dengan sempurna.

Sedangkan dengan menggunakan rice cooker, Anda hanya membutuhkan dua alat, yaitu reskuker itu sendiri dan aliran listrik. Cara memasaknya pun lebih mudah. Cukup masukkan beras dengan takaran air yang pas, colokkan kabel rice cooker ke stop kontak, tekan tombol bertuliskan “COOK”, dan selesai.

Kendati mudah, akan lebih baik jika Volties menjauhkan alat elektronik ini dari jangkauan anak-anak. Keep it safe agar tidak ada yang rusak agar Anda juga bisa menjaga si kecil dari hal yang tidak diinginkan. 

Nasi Kering? Nasi Lembek? Gak Ada Lagi!
© unsplash.com/jimmydean
3
Nasi Kering? Nasi Lembek? Gak Ada Lagi!

Hasil Masakan yang Konsisten

Rekomendasi kami

Saat Anda memasak nasi dengan cara manual, ada banyak kendala yang harus Anda hadapi yang meliputi besarnya api kompor yang tidak pas, air yang kurang atau berlebih, dan bahkan ketebalan dandang yang terlalu tipis. Nah Volties, kendala-kendala ini dapat menyebabkan hasil nasi yang Anda masak kurang maksimal, entah terlalu kering maupun terlalu lembek.

Sebaliknya, ketika Anda menggunakan rice cooker, Anda hanya perlu memastikan takaran air yang Anda masukkan ke dalam panci reskuker pas dengan banyaknya beras yang Anda masak. Dengan takaran air yang pas, hasil masakan nasi di reskuker akan matang dengan konsistensi yang pas juga. Inilah manfaat ketiga dari rice cooker, yaitu hasil nasi yang konsisten.

Bisa Buat Merebus, Menggoreng, dan Mengukus
© pexels.com/ella-olsson
4
Bisa Buat Merebus, Menggoreng, dan Mengukus

Serbaguna untuk Masak Apa Saja

Rekomendasi kami

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, rice cooker merupakan alat elektrik rumah tangga yang sangat serbaguna. Hal ini pun menjadi manfaat rice cooker yang keempat, yaitu keserbagunaan. Dengan reskuker, Anda tidak hanya bisa menggunakannya untuk menanak nasi, namun Anda juga bisa menggunakannya untuk memasak beberapa sajian makanan simpel.

Contoh dari keserbagunaan reskuker adalah untuk merebus air, menggoreng telur, memasak mie instan, membuat kue kukus, dan merebus adonan agar-agar. Bahkan, rice cooker bisa Anda gunakan untuk mengolah berbagai bentuk olahan nasi, seperti nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, sampai nasi tiwul.

Hangatkan Makanan Anda di Rice Cooker. Alat Rumah Tangga Ini Bisa!
© freepik.com/valeria-aksakova
5
Hangatkan Makanan Anda di Rice Cooker. Alat Rumah Tangga Ini Bisa!

Bisa untuk Menghangatkan Makanan

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, rice cooker hadir dengan dua fungsi utama, memasak dan menghangatkan. Nah, fungsi menghangatkan ini adalah manfaat terakhir dari rice cooker. Dalam kata lain, Anda bisa menggunakan reskuker untuk menghangatkan berbagai makanan, entah itu nasi, makanan berkuah, gorengan, kue, dan banyak lagi.

Lalu, bagaimana cara menghangatkan makanan di rice cooker? Caranya cukup mudah karena Anda hanya perlu memasukkan makanan yang ingin Anda hangatkan ke dalam panci reskuker. Setelah itu, tekan saja tombol dengan tulisan “WARM” dan secara otomatis rice cooker akan menghangatkan makanan Anda.

Tanya Jawab Seputar Manfaat Rice Cooker

Setelah Anda memahami cara kerja, fungsi, rekomendasi, beserta manfaat rice cooker, kini saatnya bagi Anda untuk menambah wawasan dengan membaca beberapa pertanyaan di bawah. Silakan cek!

Apakah yang dimaksud dengan rice cooker?

Rice cooker atau penanak nasi merupakan sebuah alat dapur yang berfungsi untuk memasak nasi maupun menghangatkan nasi.

Mengapa masyarakat lebih memilih memasak nasi dengan penanak nasi?

Alasannya sederhana. karena rice cooker memiliki kemampuan untuk memasak nasi lebih cepat dan mudah.

Berapa lama usia pakai rice cooker?

Secara umum, dalam penggunaan yang normal, rice cooker dapat bertahan sekitar 3 sampai 4 tahun.

Apakah isu bahaya memasak nasi di magic com itu benar?

Jawabannya tidak. Isu yang mengatakan bahaya memasak di magic com itu tidaklah benar. Karena bagaimanapun, tidak ada perbedaan kandungan dari hasil memasak nasi menggunakan majic com maupun menggunakan metode manual dengan dandang.

Kesimpulan: Manfaat Rice Cooker

Demikian akhir dari penjelasan tim Voltababa seputar manfaat rice cooker. Sebagai kesimpulan, ada lima manfaat dari reskuker yang bisa Anda dapatkan, seperti penghematan waktu, kemudahan penggunaan, hasil masakan nasi yang konsisten, serba guna untuk memasak berbagai jenis makanan, serta menghangatkan makanan. Jadi, sudahkah Anda paham tentang manfaat penanak nasi ini? 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo