Hide Menu

Harus Tahu! Begini Ternyata 2 Pengaruh Charger Laptop Beda Ampere, Bahaya Banget, Lho!

Penjelasan Seputar Pengaruh Charger Laptop yang Punya Ampere yang Lebih Kecil dan Lebih Besar Terhadap Laptop

Artikel Pengaruh Charger Laptop Beda Ampere ini diposting diperbarui
650 Pembaca
Like
Pengaruh Charger Laptop Beda Ampere 2024
© unsplash.com/agk42

Ngecas Pake Charger Laptop Beda Ampere, Bahaya Gak Ya?

Ngecas Pake Charger Laptop Beda Ampere, Bahaya Gak Ya?
istockphoto.com/Chernetskaya

Sebagai pemilik laptop, Anda mungkin pernah ada di momen di mana charger laptop Anda ketinggalan dan mau gak mau Anda harus meminjam kepala charger laptop beserta kabelnya dari teman Anda. Pertanyaannya, apakah hal ini baik untuk kesehatan baterai laptop Anda?

Sama seperti kebanyakan perangkat elektronik, laptop juga sudah dirancang dengan satu set charger yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Baik dari segi kapasitas baterai, nilai arus ampere, daya watt, maupun tegangan voltasenya, semuanya sudah dirancang agar adaptor ataupun kabel charger sesuai dengan spesifikasi laptop Anda.

Dalam kata lain, jika Anda menggunakan charger yang bukan charger ori laptop Anda, maka hal itu bisa aja memengaruhi masa pakai baterai laptop. Kira-kira, apa saja pengaruh charger laptop beda ampere terhadap sebuah laptop? Untuk mengetahuinya, simak terus artikel ini!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

2 Pengaruh Charger Laptop Beda Ampere - Terbaru 2024

Seperti yang dikatakan oleh Sri. N. S et al (2015) bahwasanya laptop merupakan komputer portabel yang sumber listriknya berasal dari baterai atau AC adaptor dan berfungsi untuk mengisi ulang daya baterai sekaligus menghidupkan laptop. Mengacu pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa baterai dan casan adalah dua hal yang penting untuk laptop.

Lalu, seperti apa pengaruh dari menggunakan charger laptop ampere lebih besar ataupun charger laptop ampere lebih kecil? Apakah akan ada perbedaan ketika menggunakan adapter charger laptop original? Mari temukan jawabannya di bawah!

1
Arus Ampere yang Masuk Tetap Sama Sesuai Spesifikasi Laptop

Punya Laptop dengan Spesifikasi 3A? Kalau Begitu Arus yang Masuk akan Selalu 3A

Arus Ampere yang Masuk Tetap Sama Sesuai Spesifikasi Laptop

2
Waktu Pengecasan Laptop Tidak Berubah

Waktu Ngecas Tetap Sama. Gak Ada yang Berubah!

Waktu Pengecasan Laptop Tidak Berubah

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Punya Laptop dengan Spesifikasi 3A? Kalau Begitu Arus yang Masuk akan Selalu 3A
© istockphoto.com/AntonioGuillem
1
Punya Laptop dengan Spesifikasi 3A? Kalau Begitu Arus yang Masuk akan Selalu 3A

Arus Ampere yang Masuk Tetap Sama Sesuai Spesifikasi Laptop

Rekomendasi kami

Pada dasarnya, penggunaan charger beda ampere tidak memiliki risiko apapun pada baterai laptop Anda. Bagaimana dengan charger yang punya arus ampere lebih tinggi? Tetap saja Volties, hal itu tidak memengaruhi apapun. Kok bisa? Itu karena laptop memiliki batas paten untuk menerima kuat arus ampere.

Sebagai contoh, jika laptop Anda punya spesifikasi untuk ngecas dengan kuat arus 2 ampere, dan Anda menggunakan casan laptop dengan kapasitas 3A atau 3 ampere, maka arus charging yang masuk ke laptop Anda tetaplah 2 ampere. Tidak lebih rendah ataupun lebih tinggi.

Namun, hal ini bisa berbeda jika laptop Anda dilengkapi dengan fitur fast atau quick charging. Biasanya, laptop dengan fitur ini bisa menerima arus 3 ampere dari charger 3A meskipun spesifikasi asli laptop tersebut hanya bisa menerima arus 2 ampere.

Waktu Ngecas Tetap Sama. Gak Ada yang Berubah!
© istockphoto.com/Chernetskaya
2
Waktu Ngecas Tetap Sama. Gak Ada yang Berubah!

Waktu Pengecasan Laptop Tidak Berubah

Rekomendasi kami

Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya. Karena arus ampere yang mengalir masuk ke laptop tidak berubah dan tetap, maka waktu pengecasannya pun juga tidak berubah alias sama saja.

Jadi. jika Anda menggunakan charger laptop dengan kapasitas ampere yang lebih tinggi dari charger laptop ori untuk mempercepat waktu pengisian, maka Anda salah. Karena bagaimanapun, laptop dengan spesifikasi penerimaan arus 2 ampere akan selalu menerima arus 2 ampere meskipun Anda menggunakan charger dengan kecepatan arus 5 ampere sekalipun.

Dengan kata lain, jika laptop Anda biasanya membutuhkan 2 jam untuk isi daya baterai sampai full menggunakan cas ori, maka durasi pengecasan itu akan sama ketika Anda menggunakan charger dengan ampere yang lebih tinggi.

Namun, ini berbeda jika Anda menggunakan charger laptop ampere lebih kecil. Pasalnya, kuat arusnya yang lebih rendah dari charger laptop original, maka sudah pasti bahwa waktu pengecasannya akan jauh lebih lama. Itu adalah kekurangan dari charger laptop ampere lebih kecil.

Tanya Jawab Seputar Pengaruh Charger Laptop Beda Ampere

Sekarang Volties sudah tahu dua pengaruh charger laptop beda ampere pada gadget yang Anda miliki. Namun, sebelum Anda pindah ke bagian akhir dari artikel ini, luangkan sejenak waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah. Berikut tim Voltbaba lampirkan daftarnya. 

Apakah aman menggunakan adaptor dengan ampere yang lebih besar?

Sangat aman. Artinya, penggunaan charger laptop ampere lebih besar ataupun charger laptop ampere lebih kecil tidak akan merusak kualitas batre laptop Anda. Namun, beda kasus jika Anda menggunakan cas dengan tegangan volt yang lebih besar karena itu bisa merusak baterai laptop bahkan bisa jadi sampai meledak.

Bolehkah charge HP dengan ampere lebih besar?

Tidak masalah, Anda diperbolehkan untuk menggunakan charger HP dengan kapasitas ampere yang lebih besar daripada charger ori Anda. Ini juga berlaku dalam pengecasan laptop, ya! 

Bagaimana cara mengisi daya laptop yang benar?

Ada beberapa cara charge laptop yang benar. Cara-cara ini juga bisa Anda lakukan untuk merawat dan memperpanjang masa pakai baterai laptop Anda, yaitu:

  • Jangan gunakan laptop sambil charging
  • Manfaatkan casan original, jangan yang KW
  • Atur tingkat kecerahan layar laptop
  • Jangan cas laptop kalau battery sudah 0 atau mati
  • Matikan laptop dengan menutup seluruh aplikasi dan program yang Anda jalankan sebelumnya
  • Jangan cabut kabel charger laptop dari konektor power USB dengan kasar

Berapa harga charger laptop?

Tergantung dari model laptop yang Anda gunakan, harga dari sebuah adaptor charger beserta kabelnya akan berbeda juga. Namun, harga rata-rata charger laptop yang berkisar di pasaran antara Rp 75 ribu sampai Rp 250 ribu. Bingung nyari tempat terdekat untuk membeli charger laptop? Beli saja di online marketplace, ada banyak seller yang terpercaya!

Kesimpulan: Pengaruh Charger Laptop Beda Ampere

Seperti yang sudah Anda ketahui, pengaruh ampere terlalu besar dari charger laptop tidak menimbulkan pengaruh apapun pada kualitas batre laptop. Pasalnya, setiap laptop akan selalu menerima arus ampere yang sama sesuai dengan spesifikasinya. Artinya, laptop dengan spesifikasi 3A akan selalu menerima arus 3 ampere meski dari charger dengan arus 5 ampere.

Namun, hal ini berbeda jika Anda menggunakan charger laptop dengan tegangan volt yang lebih tinggi dari cas original. Karena jika Anda nekat menggunakan cas 18V sementara laptop Anda punya spesifikasi untuk hanya menerima 16V, maka itu akan merusak laptop Anda. Alih-alih menjaga, bisa jadi merusak dan bahkan membuatnya meledak.

Jadi Volties, sebagai kesimpulan, Anda sangat diperbolehkan untuk menggunakan charger laptop yang punya perbedaan ampere dengan charger laptop ori Anda. Namun, Anda sangat tidak diperbolehkan untuk menggunakan charger laptop yang punya tegangan voltase lebih tinggi dari spesifikasi yang dibutuhkan laptop Anda. 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo