Hide Menu

Jangan Salah Pilih Lampu! Yuk, Intip Perbedaan Lampu Downlight dan Spotlight LED!

Perbedaan Lampu Downlight (Donlet) Plafon dan Lampu Sorot LED, Beda Jenis, Cara Pasang, Harga, dan Fungsinya!

Artikel Perbedaan Lampu Downlight dan Spotlight ini diposting diperbarui
79 Pembaca
Like
Perbedaan Lampu Downlight dan Spotlight 2024
© freepik.com/mumemories

Antara Lampu Downlight dan Spotlight. Bedakah Fungsinya?

Antara Lampu Downlight dan Spotlight. Bedakah Fungsinya?
freepik.com/macrovector

Alat penerangan sudah berkembang sedemikian rupa, dari yang awalnya memanfaatkan sumber cahaya alami hingga Thomas Edison membuat cahaya buatan, disebut lampu. Kini, pencahayaan ada banyak macamnya, seperti lampu sembunyi yang punya title downlight dan ada lampu sorot yang bernama spotlight.

Berbicara mengenai fungsi benda tersebut, keduanya tidak terlalu jauh. Penerangan donlet lebih difungsikan untuk menerangi bagian-bagian dalam rumah dan penerangan sorot untuk bagian dalam dan luar ruangan sebuah rumah.

Pencahayaan itu memiliki perbedaan yang cukup signifikan pada hasil pencahayaannya, peletakkannya, maupun ukurannya. Artikel perbedaan lampu downlight dan spotlight ini akan mengulik tentang perbedaannya lebih dalam. Sebelumnya, mari simak secara umum pengertian masing-masing lampu itu!

Penjelasan Lampu Downlight

Penjelasan Lampu Downlight
freepik.com/upklyak

Downlight pada dasarnya adalah lampu yang tidak digunakan di sembarang tempat karena penggunaannya hanya tepat diaplikasikan di dalam rumah, tepatnya tersembunyi di plafon atap. Lampu downlight adalah perlengkapan pencahayaan serbaguna karena digunakan sebagai komponen rencana pencahayaan yang baik.

Penerangan ini sering dijadikan pilihan lampu untuk hunian yang bergaya minimalis, terutama ruangan sempit. Ruangan yang kecil pada dasarnya akan terlihat lebih luas jika mendapatkan pencahayaan yang terang seperti donlet.

Kemudian, hampir setiap ruangan di rumah memerlukan pencahayaan downlight yang berfungsi sebagai pencahayaan secara merata. Sedangkan salah satu jenis pencahayaan yang paling umum adalah lampu pijar dengan sudut distribusi cahaya yang besar.

Penjelasan Lampu Spotlight

Penjelasan Lampu Spotlight
freepik.com/Jirawatfoto

Faktanya, benda ini memproyeksikan cahaya yang bersumber dari lampu busur karbon dengan cermin reflektor parabola. Cahaya itu nanti dilepaskan sejajar serta menuju satu titik dalam arah tertentu. Lampu sorot sendiri memiliki sinar yang terkonsentrasi, Volties tidak dapat menggunakannya untuk penerangan universal.

Lampu sorot menurut M. Fahri H, et al (2021) merupakan penerangan yang cahayanya mengarah ke satu area, contohnya untuk fokus menerangi suatu benda. Alat tersebut bekerja dengan menyorotkan sinarnya ke satu arah pojok saja yang membiarkan satu objek disorot supaya terlihat di kegelapan.

Penerangan sorot sendiri paling cocok atau fit untuk tujuan estetika. Volties dapat menggunakan benda tersebut untuk menyorot berbagai area di suatu tempat. Misalnya, lampu sorot dapat menyorot berbagai elemen dalam lanskap ideas, seperti pepohonan, fasad rumah, dan lukisan berwarna. Penerangan sorot juga digunakan selama pertunjukan panggung untuk menyorot objek atau orang yang tampil.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Lampu Downlight dan Spotlight - Terbaru 2024

Mari melanjutkan pembahasan ke bagian poin-poin pembeda dari kedua pencahayaan, baik yang donlet maupun spotlight. Simak baik-baik penjelasannya, ya, Volties!

1
Tempat Peletakan

Taruh di Ruangan dan Outdoor, Keduanya Aman

Tempat Peletakan

2
Ukuran Lampu

Kecil dan Besar, Mana yang Bagus?

Ukuran Lampu

3
Efek Pencahayaan

Gantung dan Sembunyikan, Seberapa Luas Cahayanya?

Efek Pencahayaan

4
Desain Lampu

Meskipun Pencahaya, Keduanya Punya Model yang Berbeda

Desain Lampu

5
Risiko Penggunaan

Lampu Bisa Membakar Benda? Kenali Risikonya!

Risiko Penggunaan

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Taruh di Ruangan dan Outdoor, Keduanya Aman
© freepik.com/Jirawatfoto
1
Taruh di Ruangan dan Outdoor, Keduanya Aman

Tempat Peletakan

Menariknya, penerangan donlet ini peletakkannya bersembunyi tertempel di plafon kotak bagian langit-langit rumah. Jadi, Anda tidak akan melihat lampu bohlam secara langsung. Berbeda dengan sorot, peletakkannya terlihat jelas ketika diletakkan di dalam rumah ataupun di luar ruangan untuk menyorot tanaman, misalnya.

Posisi pemasangan donlet juga terbilang tidak bervariasi karena Volties hanya bisa memasangnya di dalam ruangan. Anda membutuhkan plafon agar tempat lampu atau light menempel di tempatnya. Penerangan sorot dinamika pemasangannya luas, misalnya di letakkan atau pasang di dinding beton dalam rumah, taman, rel kereta api, koridor pararel, dan lain-lain.

Kecil dan Besar, Mana yang Bagus?
© freepik.com
2
Kecil dan Besar, Mana yang Bagus?

Ukuran Lampu

Rekomendasi kami

Mengenai ukuran lampu, kedua jenis penerangan tersebut tidak bisa disamakan harganya. Volties pasti paham kalau donlet tidak sebesar sorot. Ukuran donlet lebih kecil dari sorot. Gampangnya, Anda bisa melihat contoh gambar di atas.

Lebih lanjut, ukuran downlet di kisaran 3 inci hingga 12 inci saja yang memang tidak terlalu besar. Sementara untuk ukuran sorot bisa mencapai sebesar yang biasanya ada di film-film untuk menerangi luar ruangan.

Gantung dan Sembunyikan, Seberapa Luas Cahayanya?
© freepik.com/rawpixel.com
3
Gantung dan Sembunyikan, Seberapa Luas Cahayanya?

Efek Pencahayaan

Pemasangan lampu sorot ataupun donlet dapat menghasilkan efek pencahayaan yang luas. Bila penerangan sorot menyorot dari bawah ke atas, maka yang donlet dari atas ke bawah. Kemudian, hasilnya terhadap objek lebih subjektif sorot dari donlet.

Volties juga harus tahu bahwa lampu sorot memiliki efek halo yang lebih baik dari donlet. Efek halo sendiri artinya salah satu bias kognitif yang terjadi apabila kesan menyeluruh sesuatu didapat dari adanya generalisasi salah satu karakteristiknya. Singkatnya, efek ini akan memberikan kesan yang sedikit berlebihan seperti first impression.

Meskipun Pencahaya, Keduanya Punya Model yang Berbeda
© freepik.com/storyset
4
Meskipun Pencahaya, Keduanya Punya Model yang Berbeda

Desain Lampu

Rekomendasi kami

Mengenai model yang bagus untuk donlet dan sorot, keduanya punya tipe khusus masing-masing. Untuk downlight antara lain ada yang slim, spot, inbow, outbow, dan lain sebagainya. Sementara untuk sorot, contohnya floodlight, halogen, compact fluorescent lamp, tekanan tinggi, panel tenaga surya, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, dari tipe tersebut, yang lebih umum masyarakat pasang di rumah adalah inbow yang bentuknya masuk kedalam plafon dan halogen yang bisa Anda letakkan di bagian dalam rumah.

Lampu Bisa Membakar Benda? Kenali Risikonya!
© freepik.com/suravikin
5
Lampu Bisa Membakar Benda? Kenali Risikonya!

Risiko Penggunaan

Mengenal perbedaan terakhir yaitu risiko dari penggunaan donlet dan sorot. Hasil negatifnya untuk downlight relatif lebih aman daripada sorot. Penyinaran donlet tidak menyebabkan benda di bawahnya terpicu untuk terbakar. Penerangan sorotan mungkin akan mudah memicu benda yang disorot jarak dekat untuk terbakar pada tahap awal.

Terlebih lagi, hasil lampu sorot lebih mudah menyakiti mata Volties saat tidak sengaja melihatnya dari jarak dekat yang tentu saja tidak semenyakitkan saat memandang cahaya donlet.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Lampu Downlight dan Spotlight

Setelah mengetahui beberapa faktor pembeda, jangan Volties lewatkan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul tentang dua jenis lampu tersebut. Inilah jawabannya!

Apa yang dimaksud dengan lampu downlight?

Benda ini sering disebut sebagai pencahayaan tersembunyi karena letak lampunya di dalam plafon atau gypsum atap rumah.

Berapa lama lampu downlight tahan?

Ketahanannya cukup lama, sekitar tahunan sama seperti benda pencahayaan lainnya yang di kamar tidur Anda.

Berapa watt lampu spotlight?

Watt produk tersebut bervariasi. Misalnya saja, yang paling kecil mesin armature dayanya bersarang pada capaian 1,5 watt. Sementara itu, yang paling besar adalah 60 watt.

Kesimpulan: Perbedaan Lampu Downlight dan Spotlight

Demikianlah penjelasan artikel perbedaan lampu downlight dan spotlight. Dua-duanya cocok untuk Volties jadikan pencahayaan indoor maupun outdoor. Kendati demikian, kedua lampu ini punya fungsi yang berbeda, Jadi, manakah yang lebih baik Anda gunakan kedepannya untuk mendekorasi rumah baru Volties? Apapun pilihannya, pastikan tidak salah pilih, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo