Hide Menu

Catat! Agar Tidak Salah Kaprah. Ini Perbedaan Lampu Neon dan LED Bohlam Beserta Harganya!

Dari Ulasan Cara Kerja antara Lampu Neon vs LED, Hingga Seberapa Hemat Energinya, Semua Faktor Perbedaannya, Rinci!

Artikel Perbedaan Lampu Neon dan LED ini diposting diperbarui
49 Pembaca
Like
Perbedaan Lampu Neon dan LED 2024
© freepik.com/jannoon028

Lampu Neon dan LED, Mana yang Paling Bagus?

Lampu Neon dan LED, Mana yang Paling Bagus?
freepik.com/macrovector

Membicarakan lampu neon atau pendar dan LED yang paling bagus, maka merujuk ke penggunaannya. Keduanya bagus dalam penggunaan sehari-hari untuk menerangi sebuah ruangan. Pendar sendiri bagus untuk memberikan pencahayaan di ruangan yang tidak terlalu besar.

Sementara itu, LED bagus untuk Anda gunakan di ruangan yang besar atau luas. Dari uraian singkat tersebut terdapat keterangan bahwa keduanya bagus untuk membantu memberikan penerangan di tempat yang berbeda yang dibutuhkan.

Temukan penjabaran detail perbandingan dari pendar dan dioda di artikel perbedaan lampu neon dan LED ini tentu saja. Kemudian, Volties bisa melanjutkan untuk meneliti beberapa poin perbedaan kedua benda tersebut. Semangat membaca!

Apa Itu Lampu Neon?

Apa Itu Lampu Neon?
freepik.com/diwdom5355

Dalam penyebutannya, lampu neon (fluorescent lamp) dijelaskan mempunyai beberapa nama, antara lain pendar dan kalimantang. Alat penerangan ini umumnya berbentuk tabung besar yang panjang bernama tubular lamp atau TL terbuat dari kaca dengan ruang kosong di dalamnya.

Kemudian, yang berukuran kecil dengan tabung yang ditekuk persis spiral bentuknya dan tabung-tabung lurus pendek tersambung di ujungnya disebut compact fluorescent lamp atau CFL, bisa juga lampu hemat energi. Ada pula halogen CFL yang mungkin Anda masih asing dengan produk ini.

Pendar juga ternyata memiliki hak paten yang mana Peter C. Hewitt mendaftarkannya pada tahun 1901 di Amerika. Selain itu, pendar yang lebih modern pun dijual pertama kali pada tahun 1938 dan dipatenkan juga sekitar tiga tahun berselang.

Apa Itu Lampu LED?

Apa Itu Lampu LED?
freepik.com

Lampu LED (light emitting diode) merupakan alat penerangan yang tersusun atas komponen listrik yang menghasilkan cahaya atau yang Anda kenal dengan nama dioda. Dalam perkembangannya, benda ini banyak menggantikan lampu pijar dan lampu merkuri.

Untuk bentuknya sendiri, dioda juga memiliki rangkaian tipe khusus, yaitu miniature, super flux, bicolor, surface mount device, high power, dan COB atau chip on board. Anda dapat mengetahui bentuk-bentuk tersebut di remote TV, lampu kulkas, mainan anak-anak, lampu senter berbentuk bulat balon, dan di lampu jalanan.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Lampu Neon dan LED - Terbaru 2024

Berikutnya, yang wajib Anda cari tahu adalah pengertian perbedaan dari kedua benda ini: neon dan LED. Apa saja? Inilah perbedaan yang kentara antara keduanya:

1
Cara Kerja

Tidak Sepenuhnya Menggunakan Energi Listrik

Cara Kerja

2
Warna Terang Cahaya

Apakah Keduanya Seterang Warna Awan?

Warna Terang Cahaya

3
Durasi Pemakaian

Pakai Hingga Puluhan Tahun

Durasi Pemakaian

4
Area Pemasangan

Ornamen Benda ataupun di Dinding

Area Pemasangan

5
Efisiensi Listrik

Hemat Energi Pendar atau LED?

Efisiensi Listrik

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tidak Sepenuhnya Menggunakan Energi Listrik
© freepik.com/macrovector
1
Tidak Sepenuhnya Menggunakan Energi Listrik

Cara Kerja

Penerangan neon cara kerjanya tidak sama dengan LED. Pendar memanfaatkan fosfor atau fluoresen yang ada di dalam tabung. Fosfor tersebut akan aktif jika mendapat lecutan dari listrik dan arus mengalir melalui konduktor gas. Gunanya adalah untuk merangsang penguapan merkuri yang menghasilkan sebuah gelombang sinar ultraviolet atau UV.

Sementara itu, menurut Joni W, Fajar H, Sasfitra D, Ria B, dan Harun B (2021), cara kerja LED itu akan memancarkan cahaya jika dialiri tegangan maju dari Anoda ke Katoda. Sederhananya, LED akan mengubah energi listrik menjadi transduser atau energi cahaya. Dengan cara inilah jenis perubahan lampunya mampu memancarkan sinar maksimal secara langsung tanpa perlu pemanasan.

Apakah Keduanya Seterang Warna Awan?
© freepik.com/studio4rt
2
Apakah Keduanya Seterang Warna Awan?

Warna Terang Cahaya

Rekomendasi kami

Beda cara kerjanya, beda pula warnanya. Neon atau pendar ini lebih beragam warna sinarnya dari LED. Terdapat warna cahaya yang biru kehijauan, biru saja, ataupun kemerahan. Daftar warnanya masih banyak lagi tergantung dengan komposisi gas dalam tabung lampu.

Sementara itu, cahaya LED mempunyai dua warna putih hangat atau warm white dan putih dingin atau cool white. Putih hangat sendiri hasil sinarnya serupa dengan cahaya lilin kuning dan yang putih dingin serupa dengan warna langit yang sedikit tertutup awan atau putih kebiru-biruan.

Pakai Hingga Puluhan Tahun
© freepik.com/macrovector
3
Pakai Hingga Puluhan Tahun

Durasi Pemakaian

Dari kedua benda tersebut, jangka waktu pemakaiannya ternyata mampu bertahan dalam kisaran ribuan jam untuk penggunaan sehari-hari tentunya. Pendar mempunyai masa pakai hingga 10 ribu jam. Angka itu berbanding terbalik dengan LED yang dua kali lebih lama masa pakainya, yaitu  25 ribu jam.

Bila Anda merubahnya dalam jangka waktu tahunan, maka pendar mungkin akan bertahan hingga 10 tahunan. Sedangkan LED akan bertahan dalam umur 25 tahunan. Keduanya memang sama-sama lama masa pakainya, tetapi hasil dioda lebih tahan lama.

Ornamen Benda ataupun di Dinding
© freepik.com
4
Ornamen Benda ataupun di Dinding

Area Pemasangan

Rekomendasi kami

Akibat dari warna cahaya yang kedua benda tersebut hasilkan, hal ini memengaruhi praktek di mana letak yang tepat untuk masing-masing produk. LED light dengan daya 12 watt berguna untuk memberikan cahaya keseluruhan di interior dalam rumah, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan masih banyak lagi.

Adapun fungsi penggunaan neon itu cenderung orang-orang gunakan untuk menerangi sudut area tertentu di dalam ruangan, meskipun Anda juga dapat menggunakannya di dalam rumah dan kamar. Volties bisa tempatkan lampu neon di dalam etalase barang dagangan kotak murah atau tempelkan di dalam kaca akuarium ikan berbentuk bola bulat yang berwarna-warni.

Hemat Energi Pendar atau LED?
© freepik.com/jannoon028
5
Hemat Energi Pendar atau LED?

Efisiensi Listrik

Rekomendasi kami

Akan lebih fair jika Volties melihat tabel perbandingan watt yang bermacam-macam di bawah ini dengan menyertakan lumennya juga (unit pengukur output) agar Anda mempunyai gambarannya. Berikut perbedaan yang signifikan antara keduanya:

LumenNeon (watt)LED (watt)
45098
8001413
11001917

Dari ketiga angka sebagai pembanding tersebut didapatkan hasil LED DC yang paling hemat dengan contoh lumen paling rendah ke tinggi. Pada 450 lumen misalnya, neon menghasilkan 9 watt. Sedangkan LED lebih kecil satu angka dibawahnya, yaitu 8.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Lampu Neon dan LED

Sudah hafalkah Volties tentang faktor-faktor yang membuat adanya pembeda antara neon dan LED? Lanjutkan membaca artikel ini dengan beberapa pertanyaan yang banyak muncul di pencarian internet berikut ini:

Apakah lampu LED lebih hemat daripada lampu neon?

Ya, LED dapat menghemat energi listrik hingga 50% dan hemat biaya tagihan listrik tentunya.

Apakah lampu neon lebih terang?

Jawabannya tidak. Kalau Volties membandingkannya dengan lampu LED, cahayanya lebih terang daripada neon yang mana sifatnya hanya menerangi objek tertentu. Jadi, cakupan sinarnya tidak terlalu bersinar.

Lampu neon itu seperti apa?

Benda penerangan ini disebut sebagai lampu pendar, yang mana bentuknya seperti tabung.

Mengapa lampu neon lebih baik?

Karena hasil pencahayaan produk ini lebih putih bersih dan terang daripada pijar biasa. Jadi, cahayanya lebih jelas untuk penerangan.

Kesimpulan: Perbedaan Lampu Neon dan LED

Akhirnya, Volties sampai pada penutup tulisan artikel pembeda antara pendar dan dioda. Keduanya ternyata sangatlah berbeda dari bentuknya, bagaimana cahayanya dihasilkan, dan pemasangannya.

Dari sini, apakah Anda mau mengganti alat penerangan saat ini dengan salah satu kedua jenis di atas? Tim Voltbaba harap Anda tidak lagi salah mengartikan keduanya. Jadi, Anda lebih suka yang mana setelah membaca artikel perbedaan lampu neon dan LED ini?

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo