Hide Menu

Inilah 4 Perbedaan Magic Com dan Magic Jar, Sama-Sama "Magic" Tapi Fungsinya Berbeda

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Magic Com dan Magic Jar Mulai dari Fungsi sampai Harganya. Wajib Tahu Biar Gak Salah Pilih!

Artikel Perbedaan Magic Com dan Magic Jar ini diposting diperbarui
15 Pembaca
Like
Perbedaan Magic Com dan Magic Jar 2024
© istockphoto.com/John_Kasawa

Magic Com dan Magic Jar, Si Kembar yang Punya Fungsi Berbeda

Magic Com dan Magic Jar, Si Kembar yang Punya Fungsi Berbeda
istockphoto.com/CreativeFlow

Halo Volties, kembali lagi bersama tim Voltbaba. Di kesempatan kali ini, kami akan membahas seputar perbedaan magic com dan magic jar. Loh, emangnya beda? Beda dong!

Jika Anda menganggap nama rice cooker, magic jar, dan magic com adalah satu alat elektronik yang sama, maka Anda salah. Saat melihat foto atau gamabr di atas memang terlihat sama, namun ternyata ketiga alat electronic ini punya fungsi yang berbeda.

Bagaimanapun, alat eletronik ini terbagi menjadi tiga jenis sesuai dengan fungsinya masing-masing, yaitu reskuker, mejikjer, dan mejikom. Meski begitu, ketiga alat yang sudah ada sejak jadul ini sebenarnya punya satu tujuan dan manfaat yang sama untuk memudahkan setiap orang dalam proses memasak nasi. 

Pada dasarnya, rice cooker dan magic com itu punya perbedaan, begitupun juga dengan magic com dan magic jar. Kira-kira, apa saja aspek yang membedakan antara magic com dan magic jar? Jika Anda benar-benar ingin mengetahuinya, maka jangan skip artikel ini dan teruslah membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Perbedaan Magic Com dan Magic Jar - Terbaru 2024

Secara umum, ada tiga perbedaan magic com dan magic jar yang paling umum. Apa saja? Tanpa perlu waktu yang lama, scroll ke bawah untuk mengetahui keemmpat perbedaan tersebut!

1
Fungsi

Yang Satu Hanya Buat Menghangatkan Nasi, Yang Satu Bisa Menanak dan Menghangatkan Nasi

Fungsi

2
Cara Kerja

Magic Jar Punya Cara Kerja yang Lebih Simpel

Cara Kerja

3
Daya Listrik

Karena Fungsinya yang Banyak, Magic Com Membutuhkan Daya Listrik yang Banyak

Daya Listrik

4
Harga

Tentunya, Magic Com Punya Harga yang Lebih Mahal Ketimbang Magic Jar

Harga

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Yang Satu Hanya Buat Menghangatkan Nasi, Yang Satu Bisa Menanak dan Menghangatkan Nasi
© istockphoto.com/CreativeFlow
1
Yang Satu Hanya Buat Menghangatkan Nasi, Yang Satu Bisa Menanak dan Menghangatkan Nasi

Fungsi

Rekomendasi kami

Pertama, tentu saja, fungsi. Baik magicom maupun mejikjer memiliki fungsi yang berbeda. Magic jar sendiri, pada dasarnya, merupakan alat elektrik yang tercipta setelah rice cooker dan hadir untuk melengkapi fungsi dari rice cooker sebagai penanak nasi.

Seperti yang sudah Anda ketahui, fungsi dari reskuker hanyalah untuk menanak nasi. Nah, di sinilah peran dari megic jar di mana alat electronic ini punya fungsi untuk menghangatkan nasi yang membuatnya disebut juga dengan warmer. Hadir dengan fitur warm, mejikjer memang dibuat untuk keep atau menjaga nasi agar tetap hangat dan tidak mudah basi. 

Sementara itu, magic com merupakan alat elektronik serba guna yang punya fungsi gabungan dari rice cooker dan magic jar. Mejikom berfungsi untuk menanak nasi dan menjaga nasi agar tetap hangat berkat fitur cooking (memasak) dan warming (menghangatkan).

Tidak hanya itu, seiring dengan perkembangan teknologi, magicom pun kini sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih dan multifungsi. Jadi, tidak hanya menanak nasi, kebanyakan produk magic com saat ini bisa Anda gunakan untuk mengukus makanan, memasak sayur, sampai membuat kue.

Magic Jar Punya Cara Kerja yang Lebih Simpel
© istockphoto.com/Yue_
2
Magic Jar Punya Cara Kerja yang Lebih Simpel

Cara Kerja

Rekomendasi kami

Perbedaan yang kedua terletak pada cara kerja. Bagaimanapun, adanya perbedaan fungsi antara magic jar dan magic com tentunya memengaruhi cara kerja kedua alat elektronik ini. Lalu, seperti apa perbedaan cara kerja dari mejikjer dan mejikom? Mari mulai dari cara kerja magic jar terlebih dahulu.

Saat Anda menghidupkan mejikjer untuk menghangatkan nasi, elemen pemanas yang melingkar di samping panci nasi akan menyala dan mulai menghantarkan panas. Kemudian, panas ini nantinya akan diatur dan dikontrol oleh komponen thermostat atau sensor suhu.

Jika suhu sudah mencapai panas tertentu, thermostat akan mematikan elemen panas. Begitupun sebaliknya, saat suhu panas turun sampai level tertentu, thermostat akan menghidupkan kembali elemen pemanas agar dapat kembali menghangatkan nasi.

Sementara itu, cara kerja magic com agak sedikit lebih rumit. Pertama, saat Anda menekan tombol dengan tulisan “Cook” atau “Cooking”, komponen per thermostat atau sensor suhu yang menempel pada metal akan segera menurunkan panci nasi ke bagian bawah untuk mendapatkan panas dari cast heater atau elemen pemanas.

Setelah menempel, thermostat akan memberikan suhu panas hingga 134° C pada panci yang nantinya membuat beras menyerap seluruh air yang ada di dalam panci dan mengubahnya menjadi nasi. Setelah semua air terserap habis, elemen pemanas akan melonjak dan secara otomatis beralih ke mode penghangat. Ini berarti nasi Anda sudah matang.

Karena Fungsinya yang Banyak, Magic Com Membutuhkan Daya Listrik yang Banyak
© istockphoto.com/CreativeFlow
3
Karena Fungsinya yang Banyak, Magic Com Membutuhkan Daya Listrik yang Banyak

Daya Listrik

Rekomendasi kami

Anda tentunya sudah tahu bahwasanya banyak tidaknya fitur dan fungsi sebuah alat elektronik punya pengaruh terhadap besar daya listrik untuk mengoperasikan alat tersebut. Benar begitu? Mengacu pada fakta ini, maka kebanyakan produk magic com menggunakan daya listrik yang lebih besar dan banyak ketimbang magic jar.

Hal ini tentu bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih magic com atau magic jar. Sederhananya, jika Anda membutuhkan alat memasak nasi dengan fungsi sederhana dan tidak boros listrik, maka pilihlah magic jar. Sebaliknya, jika Anda membutuhkan alat memasak multifungsi, maka magic com adalah pilihan tepat dengan catatan konsumsi listriknya boros.

Tentunya, Magic Com Punya Harga yang Lebih Mahal Ketimbang Magic Jar
© istockphoto.com/Ilona_Shorokhova
4
Tentunya, Magic Com Punya Harga yang Lebih Mahal Ketimbang Magic Jar

Harga

Rekomendasi kami

Perbedaan magic jar dan magic com yang terakhir berasal dari aspek harga. Coba tebak, antara magic com dan magic jar, manakah yang lebih mahal? Mempertimbangkan fungsi dan fitur yang tersedia, sudah pasti, harga dari megic jar jauh lebih murah daripada mejikom yang punya fitur multifungsi.

Di online marketplace sendiri, tim Voltbaba menemukan bahwa harga rata-rata dari magic jar sekitar 100 ribu sampai 1 juta tergantung dari kapasitas liter, entah 3 liter, 5 liter, atau 10 liter. Sementara itu, sama halnya dengan megicjar, magicom memiliki harga mulai dari 200 ribu sampai 2 juta tergantung kapasitas liter yang Anda pilih, entah itu 1 liter, 3 liter, sampai 5 liter.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Magic Com dan Magic Jar

Sebelum pindah ke section terakhir artikel ini, luangkanlah waktu Anda untuk membaca beberapa pertanyaan di bawah.

Apa perbedaan rice cooker, magic com, dan magic jar?

Perbedaan mendasar dari ketiganya terletak pada fungsinya. Rice cooker berfungsi hanya untuk menanak nasi, magic jar punya fungsi sebatas menghangatkan nasi, dan magic com adalah alat memasak multifungsi yang bisa menanak sekaligus menghangatkan nasi.

Apa itu magic com dan magic jar?

Keduanya merupakan alat elektronik yang akan memudahkan aktivitas Anda dalam memasak nasi. Magic jar, yang dalam bahasa Inggrisnya berarti toples ajaib, diciptakan dengan fungsi sebatas menghangatkan nasi. Sementara magic com berfungsi untuk menanak nasi dan menjaga nasi agar tetap hangat.

Apa fungsi dari magic jar?

Fungsi dari magic jar atau mejikjer hanya satu, yaitu sebagai tempat untuk menjaga suhu nasi agar tetap hangat dalam waktu yang lama. Penyebab terciptanya alat elektrik ini adalah untuk melengkapi fungsi dari rice cooker yang sebatas mananak nasi.

Apa yang dimaksud dengan magic com?

Magic com merupakan alat elektronik multifungsi yang tidak hanya berfungsi untuk menanak dan menghangatkan nasi, namun lebih dari itu. Mejikom bisa Anda gunakan untuk merebus makanan, membuat kue kukus, hingga memasak sayur.

Kesimpulan: Perbedaan Magic Com dan Magic Jar

Bagaimanapun, rice cooker merupakan salah satu alat elektronik popular di Indonesia yang punya fungsi penting untuk memudahkan setiap orang memasak nasi dengan hasil yang baik (Ali. M. M & Agung. Y. W, 2021). Alat elektronik ini pun terbagi menjadi tiga jenis, yaitu rice cooker, magic jar, dan magic com. Ketiganya punya beberapa perbedaan yang membedakan satu sama lain.

Kemudian, perbedaan magic jar dan magic com meliputi empat aspek, seperti fungsi, cara kerja, daya listrik, dan harga. Bagaimana? Apakah Anda sudah paham mengenai perbedaan kedua alat elektronik ini? Semoga dengan mengetahui perbedaan keduanya, Anda dapat lebih bijak untuk memilih antara magic jar atau magic com.

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo