Hide Menu

Jangan Salah Beli! Kenali 5 Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com yang Mencolok

Mulai dari Fungsi Hingga Harganya, Semua Perbedaan Magic Com dan Rice Cooker Tercantum Lengkap. Tinggal Pilih Beli yang Mana!

Artikel Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com ini diposting diperbarui
111 Pembaca
Like
Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com 2024
© freepik.com

Lebih Besar Mana Kegunaan Rice Cooker daripada Magic Com?

Lebih Besar Mana Kegunaan Rice Cooker daripada Magic Com?
freepik.com/kharlamov543211

Bila meninjau dari fungsi utamanya, maka magic com lebih besar kegunaannya daripada rice cooker. Kenapa seperti itu? Penyebabnya adalah mejikom lebih bisa Anda pakai untuk segala hal, dari memasak nasi hingga lauk pauk seperti ikan atau sayur-mayur.

Sementara itu, reskuker tidak memiliki kegunaan untuk memasak bahan makanan apalagi ikan-ikanan. Maksimal kegunaannya adalah mengukus nasi dan kue-kue yang mau Anda hangatkan. Lalu, apakah perbedaan rice cooker dan magic com lainnya?

Tetaplah di sini untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Setelah ini, tim Voltbaba akan menyajikan penjelasan atas beda atau tidak cara merawat dua produk ini. Temukan jawabannya hanya di artikel ini sekarang!

Merawat Rice Cooker dan Magic Com. Apakah Berbeda?

Merawat Rice Cooker dan Magic Com. Apakah Berbeda?
freepik.com/newafrica

Setelah mencari tahu secara mendalam apakah antara reskuker (rice cooker) dan mejikom elektrik perawatannya berbeda, tim Voltbaba berhasil menemukan jawaban bahwa perawatan keduanya tidak begitu berbeda. Mengapa demikian?

Pada umumnya, dua-duanya dikenal untuk menanak nasi. Lalu, bagaimana cara merawat kedua benda tersebut jika mirip? Ini beberapa caranya:

  • Hindari mencuci beras dengan tempat panci atau pot bawaan dari reskuker atau mejikom di dalam air hangat atau dingin karena akan merusak lapisan pelindung dalam panci.
  • Jika Volties ingin memasak 3 atau 5 liter nasi, sesuaikan dulu dengan kapasitas pot. Masaklah dengan takaran yang tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit agar nasi tak kering.
  • Gunakan sendok yang telah disediakan oleh produsen. Biasanya, sendok itu berbahan plastik dengan ukuran cukup besar yang tidak merusak lapisan dalam pot.
  • Pilih lap atau spon lembut untuk mengelap dan menggosok bagian dalam panci dan luarnya.
  • Pastikan luaran pot dalam keadaan selalu kering, entah itu bagian kabel atau lampu indikator. Berbahaya jika membiarkannya basah.

Cara-cara di atas adalah yang paling tepat untuk menjaga agar reskuker dan mejikom Anda tahan lama selama bertahun-tahun. Jadi, pastikan untuk mempraktikannya agar penanak nasi di rumah Volties tetap awet setelah sekian tahun pemakaian lamanya.

E. T. Kazaene
Writer
Content Writer

Adalah seorang yang mudah tertawa dengan jokes garing bapack-bapack, suka mengamati tingkah laku seseorang dan hewan, suka melamun, dan mudah bergaul. Saat ini, Esy berprofesi sebagai penulis konten. Di tahun yang akan datang mungkin Esy akan menjadi astronot.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com - Terbaru 2024

Ketahuilah bahwa rice cooker sangat berbeda dengan mejikom sesuai dengan penjelasan dari Nurleli H, Ratna A, dan Rahmi (2017). Peneliti tersebut berpendapat bahwa reskuker yang bahasa Inggrisnya rice cooker yaitu alat elektronik rumah tangga atau household electronic tool dengan dua fungsi memasak, yakni cooking dan warming.

Bagaimana dengan fungsi mejikom? Apa saja perbedaannya? Keep rasa penasaran Anda dan cek poin-poin penting yang telah tim Voltbaba rangkum di bawah ini!

1
Fungsi Masing-Masing Alat Masak Penanak Nasi

Kedua Tipe Tidak Bisa Disamakan Fungsinya

Fungsi Masing-Masing Alat Masak Penanak Nasi

2
Cara Kerja Keduanya yang Unik

Memanfaatkan Arus AC dan Sumber Lsitrik

Cara Kerja Keduanya yang Unik

3
Lama Waktu Menghangatkan

Mana yang Lebih Lama dalam Penghangatannya?

Lama Waktu Menghangatkan

4
Nominal Harga

Mana yang Lebih Mahal?

Nominal Harga

5
Komponen Benda

Sedikit Sama tapi Cukup Berbeda

Komponen Benda

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Kedua Tipe Tidak Bisa Disamakan Fungsinya
© freepik.com/alexskp
1
Kedua Tipe Tidak Bisa Disamakan Fungsinya

Fungsi Masing-Masing Alat Masak Penanak Nasi

Rekomendasi kami

Fungsi utama dari reskuker yaitu menanak nasi. Namun, seiring dengan perkembangannya, reskuker dapat Anda alih fungsikan sebagai rice warmer atau bahasa Indonesianya penghangat nasi, mengukus, menghangatkan lauk, dan lain sebagainya.

Sementara fungsi magic com lebih banyak dari reskuker. Mejikom dapat Anda gunakan untuk memasak nasi, menghangatkan nasi, memasak lauk pauk, membuat kue, merebus, hingga mengukus aneka bahan makanan seperti pada foto atau gambar di atas.

Memanfaatkan Arus AC dan Sumber Lsitrik
© freepik.com
2
Memanfaatkan Arus AC dan Sumber Lsitrik

Cara Kerja Keduanya yang Unik

Volties harus tahu bahwa cara kerja kedua benda ini hampir mirip. Reskuker mengandalkan arus AC untuk mengubah beras menjadi nasi. Arus tersebut akan melewati thermal fuse untuk mengaktifkan cast heater yang berfungsi sebagai elemen panas.

Berbeda dengan mejikom yang mengandalkan sumber listrik yang masuk ke panel pengontrol. Sumber tersebut akan masuk ke sistem elemen pemanas. Sederhananya, cara kerja mejikom itu mengubah energi listrik menjadi energi panas melalu elemen yang ada.

Mana yang Lebih Lama dalam Penghangatannya?
© freepik.com/stockking
3
Mana yang Lebih Lama dalam Penghangatannya?

Lama Waktu Menghangatkan

Rekomendasi kami

Beda fungsinya, beda juga lama waktu penghangatan kedua benda tersebut baik reskuker maupun mejikom. Tim Voltbaba menemukan bahwa perbandingannya mencapai satu hari yang mana perbedaan tersebut sangat signifikan.

Jika reskuker dapat menghangatkan hingga mencapai waktu maksimal 24 jam, maka mejikom mampu menghangatkan hingga 48 jam secara maksimal. Mejikom memang lebih dikenal dengan fungsinya yaitu menghangatkan. Jadi, tidak mengherankan produk ini bisa menjaga kehangatan makanan lebih lama.

Mana yang Lebih Mahal?
© freepik.com/creativeart
4
Mana yang Lebih Mahal?

Nominal Harga

Rekomendasi kami

Selanjutnya, dari sisi harga, kedua benda yang sedang tim Voltbaba bicarakan cukup berbeda. Menurut Volties, manakah yang lebih mahal? Dari pencarian tim Voltbaba yang harganya lebih pricey adalah magicom.

Perbandingannya hampir mencapai 200 ribuan. Mari melihat contoh harga produk Yong Ma reskuker dan mejikomnya. Tim Voltbaba mendapatkan harga reskuker merk tersebut yang sebesar Rp670 ribu, berbanding jauh dengan harga mejikomnya yang dijual sekitar Rp890 ribu.

Sedikit Sama tapi Cukup Berbeda
© freepik.com/KamranAydinov
5
Sedikit Sama tapi Cukup Berbeda

Komponen Benda

Perbedaan kelima yang cukup signifikan yaitu komponennya. Ada sekitar dua poin perbedaan yang ada di dalam kedua benda penanak nasi ini. Apa saja? Lihatlah ke tabel bawah berikut!

KomponenRice CookerMagic Com
Kabel power✔✔
Panci (Pan)✔✔
Lampu indikator✔✔
Out case (Bodi)✔✔
Saklar✔✔
Elemen panas✔✔
Thermostat✔
Thermal fuse✔

Dari tabel di atas, perbedaannya ada pada thermostat dan thermal fuse. Mejikom tidak menggunakan kedua komponen tersebut. Tetapi sebaliknya, reskuker menggunakan komponen itu.

Tanya Jawab Seputar Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com

Di bawah ini merupakan pertanyaan seputar dua jenis penanak nasi yang sedang tim Voltbaba bahas yang juga sering muncul di pencarian online. Apa saja? Simak sekarang!

Rice cooker dan magic com bedanya apa?

Bedanya kalau rice cooker bisa untuk beberapa kegunaan seperti memasak nasi entah untuk bubur bayi atau anak, mengukus, menghangatkan lauk pauk, dan lainnya. Sementara megic com tidak multifungsi, produk ini hanya bisa menghangatkan nasi.

Apa yang dimaksud dengan rice cooker?

Ialah sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi untuk memasak nasi dan menggantikan cara proses memasak dengan menggunakan dandang.

Apakah magic jar bisa untuk memasak nasi?

Meskipun nama produk ini mirip dengan magic com, majic jar hanya bisa menghangatkan nasi bukan memasak nasi seperti reskuker.

Magic jar untuk apa?

Untuk menghangatkan nasi dan menjaga nasi agar tetap hangat sampai dua belas jam lamanya.

Kesimpulan: Perbedaan Rice Cooker dan Magic Com

Bagaimana Volties, apakah sudah paham betul perbedaan rice cooker dan magic com? Tim Voltbaba sangat yakin Anda sudah mulai memahaminya. Jangan salah memilih lagi, terutama karena Anda sudah selesai membaca tulisan di atas. Semoga artikel ini membantu Anda untuk memilih penanak nasi yang sangat dibutuhkan akhir-akhir ini. Selamat belanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo