Hide Menu

Rice Cooker Keramik vs Stainless, Mana yang Bagus? Ini 2 Beda Kelebihan dan Kekurangannya!

Penjelasan Tentang Kelebihan dan Kekurangan dari Rice Cooker Keramik vs Stainless. Wajib Tahu Biar Gak Salah Pilih!

Artikel Rice Cooker Keramik vs Stainless ini diposting diperbarui
659 Pembaca
Like
Rice Cooker Keramik vs Stainless 2024
© freepik.com/EyeEm

Rice Cooker Keramik vs Stainless, Dua Produk yang Paling Banyak Digunakan

Rice Cooker Keramik vs Stainless, Dua Produk yang Paling Banyak Digunakan
freepik.com/rawpixel-com

Tidak dapat dipungkiri, nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, rice cooker atau penanak nasi menjadi alat elektronik yang wajib dan selalu ada di setiap dapur masyarakat Indonesia. Reskuker sendiri merupakan alat masak elektronik yang berfungsi untuk mengubah beras menjadi nasi yang lezat dengan mudah dan efisien.

Saat ini, rice cooker dengan panci atau inner pot yang terbuat dari keramik dan stainless menjadi dua jenis produk yang paling laris di pasaran. Kedua jenis reskuker ini pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Lalu, kira-kira, rice cooker keramik vs stainless bagus mana? Artikel ini akan membantu menjawabnya.

Lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menampilkan kelebihan dan kekurangan dari rice cooker keramik maupun rice cooker stainless steel. Terlebih lagi, untuk membantu Anda menemukan rice cooker terbaik, kami juga akan memberikan beberapa rekomendasi produk reskuker keramik dan stainless steel terbaik. Jadi, simak terus ya!

Rekomendasi Merk dengan Rice Cooker Keramik dan Stainless Terbaik

Rekomendasi Merk dengan Rice Cooker Keramik dan Stainless Terbaik
freepik.com

Rice cooker yang paling bagus merk apa? Jika Anda memiliki pertanyaan ini, berikut tim Voltbaba tampilkan merk rice cooker terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Semua merek ini menjual model reskuker keramik, reskuker stainless steel, dan bahkan ada yang menjual keduanya.

12 Merek Rice Cooker Terbaik di Indonesia

PhilipsPanasonicMaspion
CosmosMiyakoBOLDe
Yong Ma atau YongMaMitoSharp
TefalMecooElectrolux

Selain itu, artikel ini akan menampilkan beberapa produk rice cooker terbaik yang kedua belas merek ini tawarkan. Dimulai dari rice cooker dengan kapasitas 0.6 liter sampai 2 liter hingga rice cooker yang hemat listrik sampai yang punya daya 400 watt. Lihat gambar produknya, dan check it out!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 Rice Cooker Keramik vs Stainless - Terbaru 2024

Sama halnya dengan penelitian dari Hany. H, Tina. D. R, dan Baiq. E. V (2017) yang menyatakan bahwa rice cooker merupakan sebuah alat penanak nasi otomatis terbanyak yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk memasak nasi dengan mudah.

Di pasaran sendiri, reskuker keramik dan stainless menjadi produk yang paling laris. Apa perbedaan keduanya? Berikut kelebihan dan kekurangan dari rice cooker keramik vs stainless.

1
Kelebihan Rice Cooker Keramik

Mulai dari Kemampuan Menghangatkan Nasi, sampai Mudah Dibersihkan

Kelebihan Rice Cooker Keramik

2
Kekurangan Rice Cooker Keramik

Mahal dan Mudah Rusak sehingga Harus Hati-Hati Saat Menggunakannya

Kekurangan Rice Cooker Keramik

3
Kelebihan Rice Cooker Stainless Steel

Awet, Anti Karat, dan Tidak Mudah Mengelupas

Kelebihan Rice Cooker Stainless Steel

4
Kekurangan Rice Cooker Stainless Steel

Tidak Tahan Air Garam dan Waktu Memasak yang Lama

Kekurangan Rice Cooker Stainless Steel

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Mulai dari Kemampuan Menghangatkan Nasi, sampai Mudah Dibersihkan
© freepik.com/qmtstudio
1
Mulai dari Kemampuan Menghangatkan Nasi, sampai Mudah Dibersihkan

Kelebihan Rice Cooker Keramik

Rekomendasi kami

Di bawah ini adalah tiga kelebihan dari rice cooker dengan inner pot berbahan keramik. Silakan cek!

  • Kehangatan Nasi yang Lama

Kelebihan pertama dari rice cooker dengan panci keramik adalah kemampuannya untuk mempertahankan tingkat kehangatan nasi yang lebih lama dari reskuker dengan panci stainless. Singkatnya, dengan reskuker keramik, Anda dapat menikmati nasi yang hangat seharian tanpa perlu takut jika nasi Anda menjadi kering karena terlalu lama di dalam reskuker.

Selain mampu menjaga kehangatan nasi, rice cooker dengan panci berbahan keramik juga dapat menjaga nutrisi penting yang terkandung di berbagai jenis makanan yang Anda masak. Dalam kata lain, Anda dapat menikmati seluruh nutrisi dari makanan yang Anda masak menggunakan reskuker ceramic.

  • Aman Digunakan

Segi keamanan dan kesehatan menjadi kelebihan kedua dari reskuker dengan panci berbahan keramik. Faktanya, reskuker keramik dianggap memiliki tingkat keamanan yang bagus karena bebas dari material logam berat yang beracun dan teflon anti lengket. Dengan ini, Anda tidak perlu takut mengonsumsi nasi yang dimasak menggunakan reskuker ceramic.

  • Mudah Anda Bersihkan

Kelebihan yang terakhir dari reskuker keramik atau ceramic rice cooker adalah kemudahannya untuk dibersihkan meski tidak memiliki fitur anti-lengket atau non-stick seperti kebanyakan reskuker konvensional. Kok bisa? Itu karena panci dari rice cooker keramik biasanya terbuat dari material keramik berkualitas, sehingga mudah untuk Anda bersihkan.

Cara membersihkan inner pot berbahan ceramic dari kerak nasi ataupun sisa-sisa kotoran makanan pun juga mudah. Anda hanya perlu mencucinya seperti biasa dengan menggunakan spons dan sabun cuci piring, Sunlight, Ekonomi, maupun Mama Lemon.

Mahal dan Mudah Rusak sehingga Harus Hati-Hati Saat Menggunakannya
© freepik.com/ilonashorokhova
2
Mahal dan Mudah Rusak sehingga Harus Hati-Hati Saat Menggunakannya

Kekurangan Rice Cooker Keramik

Rekomendasi kami

Setelah Anda mengetahui kelebihan rice cooker keramik, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui kekurangannya. Di bawah ini adalah dua kekurangan reskuker dengan panci berbahan ceramic.

  • Mudah Rusak

Meski reskuker keramik terkenal karena kemampuannya dalam menghasilkan nasi yang lezat nan pulen sekaligus menjaga kehangatan nasi, namun reskuker jenis ini punya kekurangan. Kekurangan tersebut adalah mudah rusak. Pasalnya, panci reskuker yang terbuat dari bahan keramik lebih rentan rusak daripada panci reskuker berbahan stainless.

Oleh karena itu, ketika Anda punya rencana untuk memiliki rice cooker keramik, Anda harus lebih berhati-hati ketika menggunakannya. Anda juga harus sering-sering merawat serta membersihkannya.

  • Harganya yang Mahal

Mempertimbangkan material keramik yang punya kualitas lebih tinggi daripada stainless, maka sudah pasti, harga dari rice cooker keramik lebih mahal daripada reskuker stainless steel. Artinya, jika Anda ingin meminang satu rice cooker keramik, maka Anda harus menyiapkan budget lebih.

Awet, Anti Karat, dan Tidak Mudah Mengelupas
© freepik.com
3
Awet, Anti Karat, dan Tidak Mudah Mengelupas

Kelebihan Rice Cooker Stainless Steel

Rekomendasi kami

Bagaimana Volties? Apakah Anda sudah tahu kelebihan dari kekurangan rice cooker keramik? Kalau begitu, berarti sekarang adalah saat yang tepat untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan rice cooker stainless. Mari mulai dari kelebihannya!

  • Material yang Tidak Mudah Mengelupas

Sama seperti ceramic rice cooker, reskuker dengan panci berbahan stainless steel pun juga aman untuk digunakan. Itu karena material stainless merupakan jenis yang aman karena tidak mudah mengelupas sehingga nasi yang Anda masak tidak akan tercampur dengan bahan-bahan berbahaya.

  • Awet dan Tahan Lama

Sudah menjadi hal yang umum bahwasanya kebanyakan peralatan rumah tangga berbahan stainless steel punya daya tahan yang baik, begitupun dengan rice cooker stainless. Berkat tingkat daya tahan dan keawetannya yang tinggi, itu berarti Anda bisa menggunakan jenis reskuker ini bertahun-tahun tanpa perlu takut rusak.

  • Tidak Mudah Berkarat

Tidak mudah berkarat menjadi kelebihan terakhir dari rice cooker stainless steel. Terlebih lagi, material stainless yang digunakan pada panci reskuker sudah teruji tahan terhadap karat. Fakta ini tentu saja membuat reskuker stainless memiliki cara perawatan yang mudah.

Tidak Tahan Air Garam dan Waktu Memasak yang Lama
© freepik.com/lesterman
4
Tidak Tahan Air Garam dan Waktu Memasak yang Lama

Kekurangan Rice Cooker Stainless Steel

Rekomendasi kami

Di bawah ini adalah dua kekurangan dari rice cooker stainless yang bisa Anda jadikan pertimbangan saat memilih reskuker dengan panci berbahan stainless.

  • Tidak Tahan Air Garam

Kekurangan yang paling menonjol dari rice cooker stainless adalah ketidakmampuannya dalam menahan air garam. Jadi, jika Anda nantinya membeli atau memiliki rice cooker dengan panci berbahan stainless, Anda sebaiknya tidak menaburkan air garam pada masakan yang Anda masak ke dalam reskuker.

Apa akibat jika reskuker stainless terkena air garam? Jika reskuker stainless Anda terkena air garam secara terus menerus, maka itu dapat membuat lubang kecil di panci reskuker. Kalau sudah begini, Anda harus menambalnya atau menggantinya dengan panci reskuker yang baru.

  • Waktu Memasak Lebih Lama

Jika dibandingkan dengan reskuker keramik, maka waktu memasak yang bisa ditunjukkan oleh reskuker stainless jauh lebih lama. Alasannya adalah karena material stainless bukanlah penghantar panas yang baik sehingga perlu melapisinya dengan lapisan tambahan dari tembaga atau alumunium untuk meningkatkan efisiensi pemanasan.

Tanya Jawab Seputar Rice Cooker Keramik vs Stainless

Sebelum Anda pindah ke bagian kesimpulan, coba sedikit luangkan waktu Anda untuk mengecek beberapa pertanyaan di bawah ini.

Apakah magic com stainless anti lengket?

Pada dasarnya, magic com atau mejikom yang menggunakan panci atau inner pot berbahan dasar stainless tidaklah non-stick atau anti terhadap lengket. Karena sejatinya, material stainless steel hanyalah sebuah logam kuat tanpa lapisan.

Rice cooker mengelupas apakah aman?

Jawabannya tidak. Jika lapisan pada panci reskuker Anda mengelupas, maka itu bisa menyebabkan bahan kimia tercampur dengan nasi atau masakan yang Anda masak. Jika Anda ingin menjamin kesehatan anak dan keluarga Anda, maka sebaiknya Anda segera mengganti panci reskuker yang sudah mengelupas dengan unit yang baru.

Kesimpulan: Rice Cooker Keramik vs Stainless

Demikian akhir pembahasan tim Voltbaba seputar rice cooker keramik vs stainless. Sebagai penutup, kedua jenis reskuker ini sejatinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Reskuker dengan panci keramik contohnya, punya kelebihan dalam menghangatkan makanan lebih lama, aman, serta mudah dibersihkan. Sayangnya, jenis reskuker ini mudah rusak dan harganya mahal.

Sementara itu, rice cooker dengan inner pot berbahan stainless merupakan jenis rice cooker dengan kelebihan tidak mudah mengelupas, awet dan tahan lama, serta tidak mudah berkarat. Kekurangan dari reskuker stainless terletak pada ketidakmampuannya terhadap air garam dan waktu memasaknya yang lama.

So, dari dua jenis rice cooker ini, mana yang paling sesuai dengan selera Anda? Apakah itu keramik atau stainless? Beritahu tim Voltbaba jawabannya dengan meninggalkan komen di bawah, ya!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo