Hide Menu

Samsung TV vs Sharp Aquos Bagus Mana? Ketahui Dulu 5 Perbedaannya di Sini!

Pembahasan Tentang Perbedaan Samsung TV vs Sharp Aquos Berdasarkan 5 Aspek dari Pilihan Model sampai Harga. Selamat Membaca!

Artikel Samsung TV vs Sharp Aquos ini diposting diperbarui
3 Pembaca
Like
Samsung TV vs Sharp Aquos 2024
© freepik.com

Samsung vs Sharp, 2 Merek TV Berkualitas yang Dilengkapi Teknologi Canggih

Samsung vs Sharp, 2 Merek TV Berkualitas yang Dilengkapi Teknologi Canggih
freepik.com

Berbicara tentang produk televisi layar datar, ada beberapa daftar merek yang bisa Anda pertimbangkan. Sebut saja Samsung, Panasonic, Sharp, Polytron, Coocaa, TCL, LG, sampai Sony. Namun, dari semua nama ini, Samsung dan Sharp adalah dua merk yang paling banyak peminatnya.

Hal ini wajar karena kedua merek tersebut memang terkenal karena kualitasnya. Baik Samsung ataupun Sharp, keduanya sama-sama menawarkan TV LCD dan TV LED berkualitas yang sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih dan teknologi terbaru untuk memberikan pengalaman menonton yang tiada duanya.

Meski begitu, ada beberapa perbedaan antara Samsung TV vs Sharp Aquos. Terhitung ada 5 aspek yang membedakan TV dari merk Samsung dan merk Sharp, seperti model TV yang tersedia, desain, fitur, koneksi, dan harga. Untuk lebih jelasnya, baca saja artikel ini sampai selesai. Tunggu apa lagi? Gulir layar Anda ke bawah!

Mengenal Samsung, Merek dengan Motto Quality First

Mengenal Samsung, Merek dengan Motto Quality First
freepik.com

Sebelum mengetahui perbedaan Samsung TV vs Sharp Aquos, mari sejenak mengenal kedua merek ini terlebih dahulu. Pertama, Samsung. Siapa yang tidak mengenal merek ini? Samsung Electronics adalah perusahaan terkemuka asal Korea Selatan yang menciptakan berbagai macam produk elektronik berkualitas untuk semua orang di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, merk ini terkenal karena adanya produk TV dan smartphone Android. Hal ini sama seperti yang dijelaskan oleh Putri. E. A (2018) bahwa Samsung Electronics merupakan salah satu perusahaan elektronik yang menguasi pangsa pasar televisi dan smartphone di Indonesia.

Kalau sudah berbicara tentang produk, Samsung sendiri menawarkan banyak peralatan elektronik, mulai dari smartphones, smart watches, earbuds, TV, kulkas, mesin cuci, AC, microwaves, air purifier, hingga monitor. Semua produknya pun sudah dibekali dengan fitur canggih dan teknologi terbaru untuk memastikan kualitasnya yang luar biasa.

Khusus pada lini produk televisi, Samsung menawarkan 100 lebih TV berkualitas yang bisa Anda pilih berdasarkan jenis, resolusi, sampai ukuran panel layar. Jadi, entah Anda sedang mencari TV LED digital HD 32-inch ataupun smart TV QLED 43-inch, Samsung dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Mengenal Sharp, Merek dengan Motto Be Original

Mengenal Sharp, Merek dengan Motto Be Original
freepik.com

Jika merek Samsung berasal dari Korea Selatan, maka Sharp adalah merek TV yang berasal dari Jepang. Bukan cuma televisi, merek ini juga menyediakan berbagai peralatan elektronik berkualitas lainnya. Contohnya speaker, earbuds, air purifier, AC, air cooler, mesin cuci, kulkas, freezer, microwave, blender, rice cooker, sampai smartphones.

Dengan banyaknya pilihan produk, Sharp berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dan memudahkan kehidupan semua orang di Indonesia dengan peralatan elektronik berkualitas. Tidak hanya berkualitas, namun kebanyakan produk dari Sharp hadir dengan harga yang lebih terjangkau dari merek Samsung, salah satunya adalah TV.

Nah, berbicara tentang TV, Sharp menghadirkan banyak pilihan untuk Anda, entah itu berdasarkan jenis TV, resolusi, maupun ukuran layar. Dengan Sharp, Anda bisa menemukan TV LED digital 24-inch, smart TV 32-inch, Android TV 42-inch, maupun Google TV 65-inch.

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

5 Samsung TV vs Sharp Aquos - Terbaru 2024

Setelah Anda mengenal sedikit tentang merk Samsung dan Sharp, tiba juga Anda di topik utama dari artikel ini. Di bawah ini adalah perbedaan Samsung TV vs Sharp Aquos berdasarkan 5 aspek, yaitu pilihan produk, desain, fitur, koneksi, dan harga. Jadi, silakan cek!

1
Pilihan Model TV

Samsung Hadir dengan 105 Model TV dan Sharp dengan 46 Model TV

Pilihan Model TV

2
Desain

Tidak Ada yang Benar-Benar Bagus, Semua Tergantung Selera Anda!

Desain

3
Fitur

Samsung dengan Crystal Processor 4K dan Sharp dengan X5 Revelation Processor

Fitur

4
Koneksi

Sama-Sama Memiliki Konektivitas yang Lengkap dari HDMI, Bluetooth, dan Port USB

Koneksi

5
Harga

TV Samsung Lebih Murah, TV Sharp Lebih Mahal Sedikit

Harga

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Samsung Hadir dengan 105 Model TV dan Sharp dengan 46 Model TV
© freepik.com
1
Samsung Hadir dengan 105 Model TV dan Sharp dengan 46 Model TV

Pilihan Model TV

Pilihan Model TV menjadi aspek pertama yang membedakan Samsung TV vs Sharp Aquos. Dalam hal ini, merek Samsung lebih unggul ketimbang Sharp karena menghadirkan sekitar 105 produk TV. Pilihan TV Samsung pun beragam yang mana Anda bisa memilihnya berdasarkan jenis, resolusi, dan ukuran panel layar.

Jika menghitung dari ukuran panel layar, TV Samsung tersedia dalam ukuran 32-inch, 43-inch, 50-inch, 55-inch, 65-inch, 75-inch, 85-inch, 98-inch, dan 110-inch. Pilihan TV dari merek Samsung juga tersedia berdasarkan resolusi televisi, seperti HD, Full HD (FHD), Crystal UHD 4K, OLED, QLED, Neo QLED, sampai UHD 8K.

Di sisi lainnya, Sharp hanya menawarkan sekitar total 46 produk televisi saja. Jika melihat dari ukuran layar, TV Sharp tersedia dalam ukuran 24-inch, 32-inch, 42-inch, 50-inch, 55-inch, 60-inch, 65-inch, 70-inch, dan 75-inch. Sementara jika melihat dari resolusinya, pilihan TV Sharp yang tersedia adalah HD, FHD, 4K UHD, IIOTO, dan Aquos XLED.

Tidak Ada yang Benar-Benar Bagus, Semua Tergantung Selera Anda!
© freepik.com
2
Tidak Ada yang Benar-Benar Bagus, Semua Tergantung Selera Anda!

Desain

Rekomendasi kami

Berbicara tentang desain, TV Samsung dan Sharp memiliki desain yang cukup berbeda dalam hal ketebalan bezel dan penggunaan bracket. Mari ambil contoh TV HD 32 inci yang kedua merek ini sediakan di pasaran, yaitu Samsung UA32T4500 dan Sharp 2T-C32DF1I.

Dua TV HD 32-inch ini sama-sama hadir dengan desain layar bezel tebal. Yang membedakan adalah bezel dari TV Samsung UA32T4500 itu sama tebal dari sisi atas bawah dan sisi kanan kiri. Sebaliknya, bezel dari TV Sharp 2T-C32DF1I hanya sama di bagian atas dan kanan kiri saja. Untuk bagian bawahnya lebih tebal karena tertanam speaker di sana.

Selain itu, perbedaan yang mencolok dari Samsung UA32T4500 dan Sharp 2T-C32DF1I juga terlihat dari desain bracket alias dudukan. Dalam hal ini, TV Samsung 32 inci menggunakan desain bracket yang bagian bawahnya rata. Sementara TV Sharp 32 inci menggunakan desain bracket berbentuk V terbalik.

Lantas, mana yang lebih bagus? Jawabannya adalah tergantung dari preferensi Anda. Bagaimanapun, setiap orang memiliki preferensi yang berbeda-beda mengenai desain TV yang bagus. Jadi, silakan bandingkan desain TV Samsung dan TV Sharp, lalu tentukan mana yang paling Volties sukai.

Samsung dengan Crystal Processor 4K dan Sharp dengan X5 Revelation Processor
© freepik.com
3
Samsung dengan Crystal Processor 4K dan Sharp dengan X5 Revelation Processor

Fitur

Rekomendasi kami

Tidak hanya berbeda dalam hal desain, Samsung TV vs Sharp Aquos juga memiliki perbedaan yang cukup signifikan dalam aspek fitur. Untuk membedakannya, tim Voltbaba akan mengambil contoh TV berukuran 40-an inci dari kedua merek ini, yaitu Samsung Smart TV CU7000 43-inch dan Sharp Google TV 4T-C42FK1I 42-inch.

Mari mulai dari fitur kualitas gambar. Dalam hal ini, Samsung CU7000 menggunakan teknologi bernama PurColor yang mampu menampilkan detail gambar dengan rentang warna yang luas dan cerah. Ada juga fitur contrast enhancer dan HDR yang berfungsi untuk memberikan kedalaman warna dan detail gambar yang lebih imersif.

Sedangkan untuk fitur kualitas suara, TV Samsung CU7000 ini dibekali dengan teknologi surround sound 3D (OTS Lite) untuk menghasilkan kualitas audio dengan detail suara yang jelas dan jernih. Ada juga teknologi adaptive sound dan Q-Symphony yang membuat TV 43-inch ini mampu mengeluarkan suara dengan kualitas yang benar-benar luar biasa.

Di sisi lainnya, TV Sharp 4T-C42FK1I mengusung teknologi Dolby Vision IQ dan Dolby Atmos untuk menghasilkan kualitas gambar dan suara yang menakjubkan. Teknologi Dolby Vision IQ mampu menampilkan gambar dengan warna, kontras, dan kedalaman yang lebih baik daripada HDR maupun SDR.

Bahkan, teknologi Dolby Atmos yang tertanam di Sharp 4T-C42FK1I berguna untuk menghasilkan kualitas suara yang realistis sehingga memberikan pengalaman menonton layaknya di bioskop. Tidak hanya itu, TV Sharp 42-inch ini juga dilengkapi dengan teknologi Aquos Sound Reflect untuk menghasilkan suara yang jernih dan tajam.

Selain fitur gambar dan suara, Samsung smart TV CU7000 dan Sharp Google TV 4T-C42FK1I juga memiliki perbedaan dalam penggunaan sistem operasi dan prosessor. Samsung TV dengan Tizen OS dan Sharp Aquos TV dengan Google OS. Lalu, Samsung TV yang menggunakan Crystal Processor 4K dan Sharp TV yang menggunakan X5 Revelation Processor.

Perbandingan Fitur Samsung TV vs Sharp Aquos

Untuk perbedaan fitur yang lebih jelas, silakan cek tabel di bawah.

PerbandinganSamsung CU7000Sharp 4T-C42FK1I
OSTizen OSGoogle OS
ProsesorCrystal Processor 4KX5 Revelation Processor
Fitur gambarPurColor, contrast enhancer, HDR, HDR 10+Dolby Vision IQ, Aquos Smooth Motion (MEMC), HDR 10
Fitur suaraSurround sound 3D (OTS Lite), Q-Symphony, adaptive soundDolby Atmos, Aquos Sound Reflect
Game modeMotion Xcelator, Auto Low Latency Mode (ALLM)Variable Refresh Rate (VRR), Auto Low Latency Mode (ALLM)
Sama-Sama Memiliki Konektivitas yang Lengkap dari HDMI, Bluetooth, dan Port USB
© freepik.com
4
Sama-Sama Memiliki Konektivitas yang Lengkap dari HDMI, Bluetooth, dan Port USB

Koneksi

Perbandingan Samsung TV vs Sharp Aquos yang keempat adalah koneksi. Sebagai perbandingan, mari ambil contoh dua TV sebelumnya, yaitu Samsung Smart TV CU7000 dan Sharp Google TV 4T-C42FK1I. Meski sama-sama smart TV, keduanya memiliki perbedaan dalam aspek koneksi karena menggunakan OS yang berbeda.

Seperti yang sudah Anda ketahui sebelumnya, TV Samsung CU7000 menggunakan Tizen OS sebagai sistem operasinya. Tizen OS sendiri merupakan OS buatan Samsung. Dengan penggunaan OS ini, Samsung TV hadir dengan fitur koneksi SmartHub dan SmartThings untuk membuat pengalaman menonton video di YouTube dan film di Netlix jadi lebih mudah.

Sementara itu, Sharp 4T-C42FK1I adalah jenis smart TV yang menggunakan Google OS sebagai sistem operasinya. Dengan OS ini, Anda dapat menonton berbagai macam konten hanya dengan menggunakan satu akun Google. Ada juga Chromecast built-in yang bisa Anda gunakan untuk menghubungkan smartphone Anda ke TV.

Kedua model TV ini juga memiliki konektivitas yang lengkap, seperti HDMI, port USB, ethernet LAN, dan Bluetooth. Untuk perbandingan yang lebih jelas, perhatikan tabel di bawah.

PerbandinganSamsung CU7000Sharp 4T-C42FK1I
OSTizen OSGoogle OS
Fitur koneksiSmartThings, SmartHubChromecast built-in
HDMI34
USB movie12
Ethernet LANAdaAda
BluetoothAdaAda
TV Samsung Lebih Murah, TV Sharp Lebih Mahal Sedikit
© freepik.com
5
TV Samsung Lebih Murah, TV Sharp Lebih Mahal Sedikit

Harga

Terakhir, perbedaan Samsung TV vs Sharp Aquos terletak pada harganya. Coba Volties tebak, di antara TV merk Samsung dan merk Sharp, mana yang lebih mahal? Jika Anda menjawab Sharp, maka jawaban Anda benar. Karena pada dasarnya, harga TV Sharp Aquos itu lebih mahal daripada TV Samsung.

Hanya saja, perbedaan harga antara kedua merek ini tidak terlalu jauh. Contoh saja, harga terendah dari TV Samsung 32-inch sekitar Rp. 1.599.00,00 untuk model T4001. Sementara harga terendah dari TV Sharp Aquos 32-inch adalah Rp. 1.649.000,00 untuk TV dengan model 2T-C32GD1500I.

Hal yang sama juga berlaku untuk TV berukuran 40-an inci yang dimiliki kedua merek ini, yaitu Samsung CU7000 dan Sharp 4T-C42FK1I. Di sini, harga dari Samsung CU7000 43-inch jauh lebih murah, hanya sekitar Rp. 4.099.000,00. Sebaliknya, Sharp 4T-C42FK1I 42-inch dibanderol dengan harga yang lebih mahal di angka Rp. 4.559.000,00.

Tanya Jawab Seputar Samsung TV vs Sharp Aquos

Berikut adalah beberapa pertanyaan populer seputar Samsung TV vs Sharp Aquos yang tersedia di internet. Jika Anda ingin lebih paham tentang perbandingan dua merk ini, baca pertanyaan-pertanyaan di bawah dan temukan jawabannya.

Apakah TV Samsung bagus?

Sangat bagus. Pasalnya, TV dari merk Samsung sudah dilengkapi dengan berbagai fitur canggih dan teknologi terbaru, membuatnya menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

TV LED merk apa yang bagus dan awet?

Berbicara tentang TV LED yang awet dan bagus, ada beberapa daftar rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan. Semua merek ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut adalah merk TV LED yang bagus dan awet.

  • Samsung
  • Polytron
  • Sharp
  • Panasonic
  • Coocaa
  • LG
  • TCL
  • Sony
  • Toshiba
  • Changhong

TV merk Sharp Aquos apakah sudah digital?

Jawabannya sudah. Semua TV buatan merek Sharp sudah digital dan sudah berlayar datar alias bukan tabung. Artinya, Anda dapat menikmati berbagai tontonan dari siaran digital yang tersedia di Indonesia.

Apakah TV Sharp Aquos termasuk smart TV?

Di beberapa model, TV Sharp Aquos adalah tipe smart TV yang menggunakan sistem operasi Android maupun Google. Dengan ini, Anda bisa menggunakan TV tidak hanya untuk menonton siaran TV digital namun juga video dan film dari aplikasi streaming seperti YouTube dan Netflix.

Tipe TV Sharp yang bagus?

Berikut adalah daftar TV Sharp yang bagus yang bisa Anda pilih. Produk di bawah hadir dengan ukuran layar yang bervariasi, mulai dari yang kecil 14-inch, 21-inch, 24-inch, 29-inch, 32-inch, 42-inch, sampai yang besar 75-inch. 

  • 2T-C24DC1i
  • 2T-C32DC1i
  • 2T-C32EG1I
  • 2T-C32DD1i
  • 2T-C42DD1i
  • 2T-C32DF1i
  • LC-32SA4200i-WH
  • 2T-C42BG1I
  • 2T-C42EG1I-SB
  • 4T-C60CH1X

Kesimpulan: Samsung TV vs Sharp Aquos

Selesai sudah pembahasan tim Voltbaba tentang perbandingan Samsung TV vs Sharp Aquos. Sebagai penutup, terhitung ada 5 aspek yang membedakan TV dari merek Samsung dan TV dari merek Sharp Aquos, seperti pilihan model TV, desain, fitur yang tersedia, koneksi, dan harga jualnya di pasaran.

Setelah Volties tahu perbedaan kedua merek ini, merek TV manakah yang akan Anda pilih dan beli? Apakah itu Samsung atau Sharp Aquos? Apapun pilihan Anda, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan. Sebelum membeli, bandingkan dulu kedua merek TV ini dari segi fitur dan koneksi yang tersedia, dan terakhir cek apakah harganya sesuai dengan budget Anda. Akhir kata, selamat belanja! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo