Hide Menu

Mau Punya Televisi Baru? Sebelum Membelinya, Simak Dulu 9 Tips Beli Smart TV di Sini!

Penjelasan Seputar Daftar Tips Beli Smart TV, Mulai dari Merek, Ukuran dan Jenis Layar, Resolusi, sampai Harga

Artikel Tips Beli Smart TV ini diposting diperbarui
Pembaca
Like
Tips Beli Smart TV 2024
© freepik.com

Apa Itu Smart TV?

Apa Itu Smart TV?
freepik.com

Di era teknologi yang serba maju seperti sekarang, TV pun mendapatkan banyak inovasi, salah satunya adalah munculnya smart TV. Apa itu dan kenapa disebut smart TV? Berbeda dengan TV digital atau TV konvensional lainnya, smart TV adalah jenis yang dapat terhubung ke internet, baik secara nirkabel maupun melalui kabel ethernet.

Karena fungsinya tersebut, banyak orang mulai menggunakan smart TV dan mulai meninggalkan TV digital. Terlebih lagi, smart TV juga dibekali dengan aplikasi hiburan bawaan seperti Netflix, YouTube, Spotify, maupun aplikasi-aplikasi lainnya yang bisa Anda akses menggunakan koneksi internet.

Mudahnya, dengan smart TV, Anda tidak hanya bisa menonton acara-acara yang ada di channel TV nasional maupun internasional. Namun, Anda juga bisa menonton video-video di aplikasi YouTube, streaming film di Netflix dan Viu, maupun mendengarkan musik di Spotify.

Dengan semua kelebihannya ini, apakah Anda tertarik untuk membeli dan menggunakan smart tivi? Jika iya, simak 7 tips beli smart TV yang sudah tim Voltbaba rangkum di bawah. Dapatkan juga beberapa rekomendasi smart TV bagus dari berbagai merek terkenal. Yuk, simak!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

7 Tips Beli Smart TV - Terbaru 2024

Seperti yang dikatakan oleh Wiena. S. et al (2023) bahwa smart TV merupakan bentuk perkembangan perangkat TV berbasis teknologi yang terhubung dengan internet. Karenanya, banyak orang tertarik membeli smart TV? Apakah Anda salah satunya? Jika iya, sebelum membeli, pelajari 7 tips beli smart TV di bawah ini.

1
Pastikan Bisa Connect ke Internet

Smart TV Harus Bisa Terhubung dengan Internet!

Pastikan Bisa Connect ke Internet

2
Merek TV

Inilah List 15 Merek TV yang Bisa Anda Beli

Merek TV

3
Ukuran dan Jenis Layar

Jangan Beli Layar LCD, Pilihlah OLED, QLED, dan LED

Ukuran dan Jenis Layar

4
Resolusi Layar

Ambillah Smart TV dengan Resolusi FHD, UHD, dan 4K

Resolusi Layar

5
Refresh Rate

Pilih Smart TV dengan Refresh Rate Minimal 90Hz sampai 144Hz

Refresh Rate

6
Fitur dan Konektivitas

Banyak Fitur dan Konektivitas yang Harus Anda Perhatikan

Fitur dan Konektivitas

7
Harga

Harganya Sekitar 1.4 Juta Rupiah sampai 10 Juta Rupiah

Harga

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Smart TV Harus Bisa Terhubung dengan Internet!
© freepik.com
1
Smart TV Harus Bisa Terhubung dengan Internet!

Pastikan Bisa Connect ke Internet

Rekomendasi kami

Bagaimanapun, salah satu alasan kenapa smart Android TV populer adalah karena kemampuannya untuk memvisualisasikan berbagai konten digital di internet. Dalam kata lain, dengan smart tivi, Anda bisa menonton video dan film di YouTube maupun Netflix ataupun mendengarkan musik lewat Spotify.

Karena hal ini, maka tips beli smart TV yang pertama adalah memastikan jika smart TV yang Anda beli bisa connect atau terhubung dengan internet. Dengan ini, Anda bisa memaksimalkan kelebihan smart Android tivi yang tidak dimiliki oleh televisi konvensional di luar sana, yaitu terkoneksi dengan internet.

Inilah List 15 Merek TV yang Bisa Anda Beli
© freepik.com
2
Inilah List 15 Merek TV yang Bisa Anda Beli

Merek TV

Tidak dapat dipungkiri, merek adalah aspek utama yang harus Anda perhatikan ketika membeli smart Android TV. Bukan cuma smart TV, namun saat membeli alat-alat elektronik, Anda tentu akan memastikan merek yang Anda beli terpercaya dan sudah terkenal kualitasnya.

Terlebih lagi, setiap merek TV pintar menawarkan garansi, lokasi service center, maupun kualitas service yang berbeda-beda. Garansi contohnya, kebanyakan merek smart TV di Indonesia menawarkan garansi 3 tahun. Namun, ada juga merek yang memberikan garansi hingga 5 tahun.

Lantas, apa saja merk smart TV terbaik yang ada di Indonesia? Berikut daftarnya. Silakan cek!

List 15 Merk Smart TV Terbaik di Indonesia

SONYPanasonicLGSamsungTCL
AQUAXiaomiChanghongHisenseCooCaa
ToshibaPolytronrealmeSharpWeyon

Lima belas nama di atas merupakan merek terkenal yang menawarkan produk smart TV dengan kualitas yang bagus dan awet. Anda bisa pergi ke official store untuk membeli smart tivi maupun Android TV yang merek-merek di atas jual. Ingat, pilih yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda ya Volties.

Jangan Beli Layar LCD, Pilihlah OLED, QLED, dan LED
© freepik.com
3
Jangan Beli Layar LCD, Pilihlah OLED, QLED, dan LED

Ukuran dan Jenis Layar

Rekomendasi kami

Pertimbangan ketiga setelah merek pada tips beli smart TV adalah ukuran dan jenis layar. Bagaimanapun, saat membeli smart TV, Anda tentu mengharapkan pengalaman menonton yang nyaman, ‘kan? Oleh sebab itu, penting untuk memerhatikan aspek ukuran dan jenis layar sebelum membeli smart TV.

Ukuran layar idealnya tergantung dari luas dan panjang meter ruangan Anda akan memasang smart Android TV serta berapa banyak orang yang akan menonton. Di samping itu, Anda bisa menentukan ukuran layar smart TV dengan menghitung jarak pandang Anda dengan layar tivi.

Contohnya, jika jarak pandang menonton Anda sekitar 150 cm, ada baiknya Anda memilih TV dengan ukuran layar 14 inci. Sebaliknya, misalkan pandang Anda sekitar 200 cm sampai 300 cm, smart TV dengan ukuran layar 20 inci, 22 inci, dan 24 inci sangat cocok untuk Anda.

Untuk lebih jelasnya, silakan cek tips memilih ukuran layar smart TV berdasarkan jarak pandang di bawah.

Jarak PandangUkuran Layar TV yang Ideal
150 cm – 200 cm 14-inch, 16-inch, 18-inch
200 cm – 300 cm20-inch, 22-inch, 24-inch
±350 cm29-inch, 30-inch
400 cm – 550 cm32-inch, 34-inch, 40-inch, 43-inch, dan 45-inch
±600 cm50-inch, 52-inch

Selain ukuran layar, jenis layar pun menjadi aspek yang harus Anda pertimbangkan saat membeli smart TV. Saat ini, kebanyakan smart TV terbagi menjadi 3 tipe berdasarkan jenis layarnya, yaitu OLED, QLED, dan LED. Jika Anda mencari smart tivi dengan kualitas tampilan layar yang memukau, pilihlah smart TV dengan layar jenis OLED dan QLED.

Jika budget mepet namun ingin punya smart TV, pilihlah jenis layar LED. Karena harganya lebih murah daripada TV dengan layar OLED dan QLED, kualitas tampilan layarnya pun terbilang biasa saja. Kendati demikian, kualitas ini masih sangat kredibel untuk memanjakan mata selama menonton.

Ambillah Smart TV dengan Resolusi FHD, UHD, dan 4K
© freepik.com
4
Ambillah Smart TV dengan Resolusi FHD, UHD, dan 4K

Resolusi Layar

Selain ukuran dan jenis layar, resolusi layar TV juga menjadi aspek yang harus Anda pertimbangkan. Resolusi sendiri berbeda artinya dengan ukuran layar. Jika ukuran layar mengacu kepada besar dimensi sebuah layar, maka resolusi mengacu pada jumlah piksel yang ada pada layar smart TV.

Semakin besar resolusi layarnya, maka smart TV akan semakin baik dalam menampilkan gambar maupun video di layarnya. Dalam kata lain, pemilihan resolusi layar yang tepat mampu meningkatkan pengalaman Anda saat menonton film di Netflix, video di YouTube, maupun streaming K-drama di Viu.

Nah, tips beli smart TV berdasarkan resolusi layar ada tiga pilihan yang bisa Anda pilih, yaitu Full HD atau FHD, Ultra HD atau UHD, dan 4K. Apa beda ketiganya? Beda ketiganya terletak pada jumlah piksel. Berikut adalah perbedaan jumlah piksel antara FHD, UHD, dan 4K:

  • Full HD atau FHD: 1920 x 1080 piksel (2,07 megapiksel)
  • Ultra HD atau UHD: 3840 x 2160 piksel (8,3 megapiksel)
  • 4K: 4.096×2.160 piksel (8,8 megapiksel)

Mana yang lebih baik? Sudah pasti jawabannya 4K. Hanya saja, harga smart TV dengan resolusi 4K jauh lebih mahal daripada smart TV dengan resolusi layar FHD maupun UHD. Jadi, jika budget Anda minim, resolusi FHD atau UHD saja sudah cukup. Harganya lebih murah, namun kualitas gambar tetap menakjubkan!

Pilih Smart TV dengan Refresh Rate Minimal 90Hz sampai 144Hz
© freepik.com
5
Pilih Smart TV dengan Refresh Rate Minimal 90Hz sampai 144Hz

Refresh Rate

Rekomendasi kami

Lanjut ke cara memilih TV LED yang bagus dan awet di nomor lima, Volties harus memerhatikan refresh rate. Untuk Anda yang masih awam, refresh rate adalah jumlah berapa kali layar smart TV melakukan pembaharuan setiap detiknya. Biasanya, refresh rate dihitung menggunakan satuan Hertz atau Hz.

Pada poin ini, kecepatan rata-rata refresh rate yang dimiliki smart TV pada umumnya sekitar 60Hz. Namun jika memungkinkan, Anda bisa membeli smart TV dengan kecepatan refresh rate yang lebih tinggi, seperti 90Hz, 120Hz, dan 144Hz. Dengan refresh rate yang tinggi, Anda dapat menikmati tampilan layar smart TV yang mulus, responsif, dan halus.

Banyak Fitur dan Konektivitas yang Harus Anda Perhatikan
© freepik.com
6
Banyak Fitur dan Konektivitas yang Harus Anda Perhatikan

Fitur dan Konektivitas

Rekomendasi kami

Alasan Anda beli smart TV pastinya karena ingin mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik daripada menonton di TV biasa. Bukan begitu, Volties? Karena hal ini, maka fitur menjadi hal yang harus benar-benar Anda pertimbangkan saat membeli smart TV.

Sebut saja fitur audio Dolby Atmos. Dengan fitur ini, Anda bisa menonton film dengan suara yang menggelegar layaknya menonton film di bioskop. Atau juga fitur HDR alias high dynamic range yang mampu menampilkan video berkualitas dengan rentang warna, kontras, dan luminans yang akurat sehingga nyaman di mata.

Selain itu, penting juga untuk memerhatikan OS atau sistem operasi yang digunakan oleh smart TV yang akan Anda beli. Umumnya, smart TV menggunakan beberapa jenis OS, seperti Firefox, Tizen, dan Android. Dalam hal ini, tim Voltbaba sarankan untuk memilih smart TV dengan OS Android.

Tidak hanya fitur dan OS, konektivitas pun menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan saat membeli smart TV idaman. Beberapa konektivitas penting yang wajib ada di semua smart TV contohnya adalah port USB, koneksi Bluetooth, lubang jack 3.5mm, dan HDMI.

Harganya Sekitar 1.4 Juta Rupiah sampai 10 Juta Rupiah
© freepik.com
7
Harganya Sekitar 1.4 Juta Rupiah sampai 10 Juta Rupiah

Harga

Rekomendasi kami

Tips beli smart TV yang terakhir adalah harga alias budget. Saat akan meminang smart TV, penting untuk memilih satu yang paling sesuai dengan budget Anda. Jangan membeli TV yang harganya jauh dari perkiraan budget.

Pertanyaannya, berapa kisaran harga smart TV di e-commerce? Umumnya, rentang harga smart TV ini tergantung dari merek, ukuran layar, dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Harga smart TV yang paling murah dibanderol di angka 1.4 juta rupiah. Sementara yang paling mahal adalah 10 juta rupiah ke atas.

Sebagai tips tambahan perihal harga. Belilah smart TV di momen saat lagi banyak-banyak diskon, seperti diskon 1.1, 2.2, 3.3, momen diskon lebaran, tahun baru, natal, dan sebagainya. Di tanggal-tanggal tersebut, biasanya ada banyak diskon, sehingga Anda bisa beli smart TV dengan harga yang jauh lebih murah dari harga aslinya.

Tanya Jawab Seputar Tips Beli Smart TV

Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan populer tentang tips membeli smart TV. Silakan cek!

Apa perbedaan Smart TV dan TV Android?

Perbedaan dan perbandingan paling mendasar yang membedakan smart TV vs Android TV terletak pada penggunaan sistem operasinya atau OS. Smart TV umumnya menggunakan OS yang berbeda tergantung mereknya, contohnya smart TV merek LG yang menggunakan WebOS atau Samsung smart TV yang menggunakan OS Tizen. Sementara Android TV, sesuai namanya, menggunakan OS Android.

Apakah Smart TV harus menggunakan internet?

Jawabannya iya. Supaya Anda bisa menonton channel TV maupun film di smart TV dengan mudah, Anda membutuhkan internet.

TV LED yang bagus dan awet merk apa?

Ada banyak merek TV LED yang bagus dan awet yang bisa Anda pilih. Sebut saja Sharp, Samsung, LG, Toshiba, Panasonic, Xiaomi, SONY, dan lain-lainnya.

Kenapa disebut Smart TV?

Alasan kenapa disebut smart TV adalah jenis alat elektronik ini menggabungkan TV dengan internet yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik. Terlebih lagi, Anda juga bisa menonton YouTube, Netflix, maupun Spotify melalui perangkat ini.

Apa fungsi smartbox Android TV?

Fungsi dari smartbox Android TV adalah untuk mengubah ataupun setting TV LCD, TV LED, maupun TV digital Anda menjadi TV Android. Dengan alat ini, Anda bisa menikmati tontonan kanal-kanal TV maupun streaming YouTube dan Netflix dengan mudah.

Kesimpulan: Tips Beli Smart TV

Itulah panduan tentang tips beli smart TV. Sebagai penutup, ada 7 aspek yang harus Anda perhatikan saat ingin membeli smart Android TV, seperti kemampuan untuk connect ke internet, merek TV, ukuran dan jenis layar, resolusi layar, refresh rate, fitur dan konektivitas, serta terakhir harga.

Misalkan Anda sudah paham mengenai tips-tipsnya, segera siapkan uang dan belilah smart TV idaman Anda. Jika Anda bingung, pilih saja rekomendasi produk smart TV yang sudah tim Voltbaba tampilkan di atas. Semuanya adalah produk berkualitas bagus dari merek-merek terkenal. Tunggu apa lagi? Mulailah belanja sekarang!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo