Hide Menu

Galau antara TV LED Samsung vs LG Bagus Mana? Cari Tahu Aja 4 Perbedaannya di Sini!

Perbedaan TV LED Samsung vs TV LED LG Berdasarkan 4 Aspek: Pilihan Model TV, Desain, Fitur, dan Harga

Artikel TV LED Samsung vs LG Bagus Mana ini diposting diperbarui
5 Pembaca
Like
TV LED Samsung vs LG Bagus Mana 2024
© freepik.com

Samsung dan LG, Dua Merek TV Asal Korea yang Populer di Indonesia

Samsung dan LG, Dua Merek TV Asal Korea yang Populer di Indonesia
freepik.com

Dewasa ini, perkembangan teknologi benar-benar menghadirkan persaingan yang ketat di pasar TV LED dunia. Di pasar TV Indonesia sendiri, ada banyak sekali merek TV terbaik yang bisa Anda pertimbangkan. Sebut saja Samsung, LG, Polytron, Sharp, Panasonic, Coocaa, Toshiba, Changhong, dan Sony.

Kendati demikian, Samsung dan LG adalah dua merek TV yang paling banyak diburu berkat kualitas produk televisinya yang luar biasa. Bagaimana tidak, baik TV LED Samsung maupun LG, keduanya sama-sama dirancang untuk menampilkan kualitas gambar yang detail dan menghasilkan kualitas suara yang imersif.

Namun, tetap saja, keduanya memiliki beberapa perbedaan yang membuat beberapa orang bertanya, TV LED Samsung vs LG bagus mana? Nah, lewat artikel ini, tim Voltbaba akan menunjukkan 4 perbedaan antara TV Samsung dan TV LG pada Anda. Jadi, silakan membaca!

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

4 TV LED Samsung vs LG Bagus Mana - Terbaru 2024

Masuk ke topik utama dari artikel ini. Berikut adalah perbedaan TV Samsung vs LG berdasarkan 4 aspek, seperti pilihan model TV, desain, fitur, dan harga. Silakan cek!

1
Pilihan Model TV

TV Samsung Tersedia dalam 105 Model, Sementara TV LG Tersedia dalam 46 Model

Pilihan Model TV

2
Desain

Samsung TV Punya Desain Bezel yang Lebih Tipis daripada LG TV

Desain

3
Fitur

Banyak Perbedaan pada Penggunaan Fitur Gambar dan Suara, OS Juga Berbeda!

Fitur

4
Harga

TV LG Punya Harga yang Lebih Mahal, TV Samsung Lebih Murah

Harga

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
TV Samsung Tersedia dalam 105 Model, Sementara TV LG Tersedia dalam 46 Model
© freepik.com
1
TV Samsung Tersedia dalam 105 Model, Sementara TV LG Tersedia dalam 46 Model

Pilihan Model TV

Satu-satunya cara memutuskan TV LED Samsung vs LG bagus mana adalah membandingkan kedua produk secara eye-to-eye. Adapun spek pertama yang membedakan TV Samsung dengan LG ada pada pilihan model.

Jika berbicara tentang jumlah TV yang tersedia dari masing-masing merek, Samsung adalah pemenangnya karena menghadirkan total 100 lebih produk TV LED di situs resminya. Seratus produk TV Samsung ini bisa Anda pilih berdasarkan jenis, resolusi ataupun ukuran panel layar TV.

Berikut adalah daftar TV Samsung yang tersedia berdasarkan ketiga faktor tersebut. 

Produk TV LED Samsung

Jenis TVResolusi TVUkuran Panel Layar TV
The Sero, The Serif, The Frame, Smart TV, Crystal UHD, OLED, QLED, Neo QLEDHD Ready, FUll HD (FHD), UHD 4K, UHD 8K32-inch, 43-inch, 50-inch, 55-inch, 65-inch, 75-inch, 85-inch, 98-inch, 110-inch

Di sisi lainnya, LG hanya menawarkan total 46 model TV saja. Adapun model TV LG yang tersedia adalah sebagai berikut:

Produk TV LED LG

Jenis TVResolusi TVUkuran Panel Layar TV
Smart TV, NanoCell TV, Ultra Big TVHD Ready, Full HD (FHD), 4K UHD, NanoCell, QNED, OLED, OLED Evo32-inch, 43-inch, 48-inch, 50-inch, 55-inch, 65-inch, 70-inch, 75-inch, 77-inch, 83-inch, 86-inch

Melihat banyaknya pilihan model TV yang kedua merek ini tawarkan, maka penting sekali untuk memilih satu yang paling sesuai dengan kebutuhan. Saat memilihnya, pastikan mempertimbangkan jenis TV apa yang Anda inginkan, berapa resolusi TV yang ingin Anda pilih, dan berapa inci ukuran layar TV yang cocok dengan kebutuhan.

Samsung TV Punya Desain Bezel yang Lebih Tipis daripada LG TV
© freepik.com
2
Samsung TV Punya Desain Bezel yang Lebih Tipis daripada LG TV

Desain

Rekomendasi kami

Berbicara tentang desain, TV LED Samsung dan LG datang dengan desain TV yang cukup berbeda. Sebagai perbandingan, tim Voltbaba akan mengambil contoh TV 43-inch dari kedua merek ini, yaitu Samsung 43T5001 dan LG 43LM5500. Seperti apa perbedaan desain dari kedua model TV tersebut? Berikut penjelasannya.

Mari mulai dari desain bezel. Di sini, tim Voltbaba menemukan bahwa TV Samsung 43T5001 punya bezel yang lebih tipis ketimbang TV LG 43LM5500. Coba lihat gambar produknya, dan Volties akan menemukan bahwa bezel pada TV Samsung ini lebih tipis daripada TV LG di bagian sisi atas, kanan, dan kiri.

Sementara di bagian bawahnya, bezel dari TV Samsung terbilang lebih tebal daripada TV buatan LG. Bentuk bezel bawah dari TV Samsung ini berbentuk seperti segitiga yang menghadap ke depan. Sebaliknya, TV LED LG hadir dengan desain bezel yang sama rata di sisi bagian atas bawah dan kanan kiri.

Desain penempatan bracket alias dudukan di antara dua TV ini juga berbeda. TV LG 43LM5500 memiliki bracket yang terpasang di pinggir bodi bagian bawah. Sementara desain bracket pada TV Samsung 43T5001 sedikit lebih ke tengah daripada desain bracket TV LG. 

Pada akhirnya, semua kembali pada preferensi dan selera Anda. Jika Anda suka TV dengan desain bezel tipis di bagian atas, kanan, dan kiri, maka pilihlah Samsung 43T5001. Namun, jika Anda lebih suka desain TV yang punya bezel sama rata di semua sisinya, maka LG 43LM5500 adalah pilihan yang tepat.

Banyak Perbedaan pada Penggunaan Fitur Gambar dan Suara, OS Juga Berbeda!
© freepik.com
3
Banyak Perbedaan pada Penggunaan Fitur Gambar dan Suara, OS Juga Berbeda!

Fitur

Rekomendasi kami

Beralih ke fitur. Jika melihat dari aspek ini, ada banyak sekali perbedaan yang menunjukkan perbedaan antara TV Samsung dan TV LG. Sebagai contoh, mari ambil produk TV 50-inch yang kedua merek ini tawarkan, yaitu Samsung Smart TV 4K Q80C dan LG Smart TV 4K 50QNED80.

Pertama, mari lihat dari prosesor yang dua TV ini gunakan. Di sini, TV Samsung Q80C menggunakan Neural Quantum Processor 4K, sebuah prosesor luar biasa yang dapat membuat TV Samsung ini menampilkan kualitas gambar dengan warna dan kontras yang sangat amat detail.

Sementara itu, TV LG QNED80 mengadopsi prosesor bernama AI α7 4K Gen6. Ini merupakan prosesor canggih buatan LG yang dirancang untuk membantu TV ini menghasilkan gambar berkualitas dengan detail warna dan kontras yang jernih namun tetap natural.

Tidak hanya berbeda dalam penggunaan prosesor, kedua TV 50-inch ini juga berbeda dari segi fitur, entah itu fitur gambar, fitur suara, maupun fitur koneksi. Tabel di bawah akan menjelaskannya.

FiturSamsung Smart TV 4K Q80CLG Smart TV 4K QNED80
Sistem operasiTizenOSwebOS
ProsesorNeural Quantum Processor 4KAI α7 4K Gen6 Processor
Fitur gambarDirect Full Array, Real Depth Enhancer, Quantum Dot, Quantum HDR+, PANTONE Validated, EyeComfort ModeQuantum Dot, QNED Color Pro, Dimming Pro & Ultra Kontras, AI Picture Pro, AI Picture Wizard
Fitur suaraDolby Atmos, Surround Sound 3D (OTS Lite), Q-Symphony, Adaptive Sound+AI Sound Pro, Dolby Atmos, AI Acoustic Tuning
Game modeMotion Xcelator Turbo+, AMD FreeSync Premium ProGeForce NOW, HGiG, AMD FreeSync Premium, VRR (Variable Refresh Rate), Dasbor Gaming
KonektivitasSmartHub, SmartThings, NFT Universe, Bluetooth, HDMI, port USB, WiFiHDMI, port USB, Chromecast Built-In, Bluetooth, WiFi, kompatibel dengan Amazon Alexa dan Apple HomeKit
TV LG Punya Harga yang Lebih Mahal, TV Samsung Lebih Murah
© freepik.com
4
TV LG Punya Harga yang Lebih Mahal, TV Samsung Lebih Murah

Harga

Untuk menjawab TV LED Samsung vs LG bagus mana, harga adalah faktor penting yang membedakan keduanya. Berbicara tentang harga, bisa dibilang bahwa TV LG punya harga yang lebih mahal ketimbang TV Samsung.

Contoh saja TV LG 43LM5500PTA 43-inch, harganya sekitar Rp. 3.108.000,00. Di sisi lainnya, di e-commerce, TV Samsung 43-inch dengan model 43T5001 memiliki harga yang lebih murah yaitu sekitar Rp. 2.899.000,00.

Selain itu, perlu untuk Volties ketahui bahwa perbedaan harga ini dipengaruhi oleh ukuran layar dan kualitas resolusinya. Semakin besar ukuran layarnya dan semakin bagus kualitas resolusinya, maka akan semakin mahal pula harga dari TV tersebut.

Tanya Jawab Seputar TV LED Samsung vs LG Bagus Mana

Berikut adalah beberapa pertanyaan populer tentang perbedaan TV Samsung vs LG yang ada di internet. Silakan cek.

TV LED merk apa yang bagus dan awet?

Ada banyak merk TV LED bagus dan awet yang tersedia di pasaran. Semua merek ini pun berasal dari Jepang, Korea ataupun China, seperti:

  • Samsung
  • LG
  • Sharp
  • Panasonic
  • Polytron
  • Coocaa
  • Changhong
  • TCL
  • Sony
  • Toshiba

Apakah TV LG bagus?

Sangat bagus. Pasalnya, LG Electronics merupakan salah satu perusahaan besar yang menghadirkan barang-barang elektronik berkualitas di pasar Indonesia (Elma Amalia, 2010). Semua produk TV buatan LG pun memiliki kualitas gambar dan suara yang luar biasa.

Apakah TV Samsung bagus?

Jawabannya iya. Semua TV layar datar buatan Samsung, entah itu TV LCD ataupun TV LED digital hadir dengan kualitas yang sangat bagus. Yang artinya, dengan TV Samsung, Anda dapat menikmati tontonan berkualitas dengan kualitas gambar dan suara yang imersif.

Apakah TV Samsung tahan lama?

Seperti halnya produk smartphone, TV buatan Samsung juga terkenal tahan lama dan awet. Bahkan, TV Samsung diklaim punya masa pakai yang lebih lama dan awet daripada merek TV lainnya.

Kesimpulan: TV LED Samsung vs LG Bagus Mana

Itulah pembahasan tim Voltbaba tentang TV LED Samsung vs LG bagus mana. Sebagai kesimpulan, ada 4 aspek yang membedakan kualitas TV LED Samsung vs LG seperti pilihan model TV, desain, fitur, dan harga. Dua merk TV asal Korea ini menawarkan berbagai macam TV berkualitas, mulai dari yang ukuran 14-inch, 21-inch, 24-inch, 29-inch, 40-inch, 42-inch, sampai 85-inch.

Nah, setelah Anda mengetahui perbandingan TV Samsung dan LG, apakah Anda sudah memutuskan mau beli TV merek apa? Apakah itu Samsung atau LG? Jika sudah, segera siapkan budget dan belilah TV yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda bingung, klik saja rekomendasi produk yang sudah tim Voltbaba tunjukkan di atas. Selamat belanja! 

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo