Hide Menu

Ini Dia 3 Posisi dan Susunan Urutan Warna Cartridge untuk Printer Merek Canon, Apa Saja?

Pembahasan Seputar 3 Posisi dan Susunan Urutan Warna Cartridge Khusus untuk Printer Merek Canon, Lengkap!

Artikel Urutan Warna Cartridge ini diposting diperbarui
222 Pembaca
Like
Urutan Warna Cartridge 2024
© freepik.com

Letak Posisi Tinta Warna Printer Canon di Dalam Cartridge

Letak Posisi Tinta Warna Printer Canon di Dalam Cartridge
freepik.com

Berbeda dengan printer Canon yang punya cartridge warna hitam, printer Canon berwarna punya 3 warna catrik sekaligus seperti merah (magenta), biru (cyan), dan kuning (yellow). Karena punya 3 warna, otomatis saat mengisi ulang tinta warna printer, Anda harus mengetahui letak dan susunan urutan warna cartridge.

Bagi Anda yang belum tahu, cartridge atau kartrid adalah sebuah tempat yang berfungsi untuk menampung tinta printer. Biasanya, unit ini terpasang di mesin printing yang kompatibel dengan model printer yang Anda gunakan, entah itu Canon, HP, Epson, Fuji, dan sebagainya.

Jadi, saat Anda menggunakan printer Canon dengan series Pixma seperti IP2770, MP287, MG2570S, E410, maupun MG2570, Anda bisa membeli catridge yang sesuai. Sebut saja katrid dengan tipe CL-811, CL-57, CL-746S, CL745, dan tipe-tipe lainnya. Nah, Anda bisa menemukan tipe kartrid ini di e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

Lantas, seperti apa urutan warna cartridge Canon? Simak saja artikel ini sampai habis. Lewat artikel ini, tim Voltbaba juga akan menampilkan rekomendasi cartridge terbaik untuk berbagai model printer Canon, baik dari series Pixma dan lain-lainnya. Jadi, baca sekarang!

Cara Mengisi Ulang Tinta Warna pada Cartridge Mesin Printer Canon

Cara Mengisi Ulang Tinta Warna pada Cartridge Mesin Printer Canon
freepik.com

Menurut Sulaeman. et al (2020), printer merupakan alat cetak yang banyak dijumpai di berbagai tempat, seperti di kantor, tempat usaha, maupun rumah untuk penggunaan pribadi. Nah, sama seperti kebanyakan peralatan elektronik lainnya, printer juga sering mendapatkan masalah, salah satunya tinta ketrik yang habis atau cartridge yang bocor.

Lantas, bagaimana cara mengisi ulang atau refill tinta catrik yang habis? Silakan ikuti langkah-langkah di bawah!

  1. Langkah pertama, nyalakan mesin printer Canon color Anda.
  2. Kemudian, buka cover printer dan lepas juga cartridge tinta warna dari position mesin printer Canon Anda. Saat melepasnya, lepaslah dengan benar dan hati-hati supaya katrid tidak cepat rusak.
  3. Jika sudah, lepas dan lubangi stiker untuk memasukan tinta warna ke dalam cartridge. Gunakan saja alat suntik dengan takaran 5 sampai 10 ml untuk refill tinta warna.
  4. Setelah itu, tutup bagian kepala atau head cartridge dengan tisu dan suntikkan tinta warna ke dalam lubang cartridge.
  5. Ulangi proses di atas untuk mengisi warna tinta lainnya, seperti warna merah, biru, dan kuning.
  6. Langkah berikutnya, bersihkan head cartridge dengan tisu dan pasang atau install kembali ke mesin printer Canon Anda.
  7. Terakhir, tutup cover printer dan coba gunakan kembali printer Anda.
  8. Selamat, Anda telah berhasil memasang dan mengisi ulang tinta.

Sebagai tips tambahan, tim Voltbaba sarankan untuk tidak memasukkan tinta ke dalam cartridge sampai penuh apalagi luber. Pasalnya, hal ini bisa saja menyebabkan hasil gambar printing Anda menjadi jelek dan berantakan. Anda tidak ingin ‘kan sudah membuat desain yang bagus tapi saat dicetak jadi kurang bagus?

A. Ulinnuha
Writer
Content Editor

Seorang pemikir yang penuh antusias, suka mengeksplorasi hal-hal baru, dan selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik di setiap langkah kehidupannya. Sejak masuk di bangku kuliah, Adhit mulai tertarik dengan dunia kepenulisan. Ia kemudian banyak menghabiskan waktunya untuk menulis puisi, cerita-cerita sarat makna, dan beragam artikel dengan berbagai macam topik.

L. Ramadhani
Editor
Content Editor

Si penyuka kata yang tidak bisa menolak novel fiksi, bergantung pada kalimat, dan selalu menyelesaikan paragraf.

Konten ini dikerjakan sepenuhnya oleh Voltbaba. Meski Voltbaba terkadang menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen atau pihak pemasang iklan, namun produsen dan pihak lainnya tidak berperan dalam menentukan isi atau penentuan peringkat dalam konten Voltbaba. Silakan baca kebijakan editorial Voltbaba untuk lebih detail.
Pakar dalam konten ini hanya meninjau isi konten bagian artikel seperti tips, tutorial, cara, promo dan lainnya. Produk dan/atau layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

3 Urutan Warna Cartridge - Terbaru 2024

Di bawah ini adalah pembahasan tentang urutan posisi warna cartridge untuk mesin cetak Canon. Ada tiga letak cartridge warna yang tersedia, mulai dari merah, biru, dan kuning. Segera simak untuk penjelasan lebih lengkapnya!

1
Warna Merah (Magenta)

Tinta Warna Ini Ada di Bagian Atas Cartridge

Warna Merah (Magenta)

2
Warna Biru (Cyan)

Tinta Warna Ini Ada di Bagian Kiri Bawah Cartridge

Warna Biru (Cyan)

3
Warna Kuning (Yellow)

Tinta Warna Ini Ada di Bagian Kanan Bawah Cartridge

Warna Kuning (Yellow)

Anda bisa percaya Voltbaba. Kami memberikan ulasan dan rekomendasi jujur berdasarkan pengetahuan mendalam dan pengalaman dunia nyata. Cari tahu lebih lanjut tentang cara Voltbaba meninjau dan merekomendasikan produk dan layanan.
Tinta Warna Ini Ada di Bagian Atas Cartridge
© freepik.com
1
Tinta Warna Ini Ada di Bagian Atas Cartridge

Warna Merah (Magenta)

Rekomendasi kami

Lokasi atau urutan warna cartridge dari merek printer Canon adalah merah atau sering disebut dengan warna magenta. Letak dari warna merah ini biasanya berada di paling atas dari bagian cartridge. Jadi, jika Anda ingin ganti dan isi ulang tinta warna merah di printer Canon, pastikan untuk meletakkannya di bagian atas cartridge.

Tinta Warna Ini Ada di Bagian Kiri Bawah Cartridge
© freepik.com
2
Tinta Warna Ini Ada di Bagian Kiri Bawah Cartridge

Warna Biru (Cyan)

Rekomendasi kami

Urutan warna cartridge yang selanjutnya adalah biru. Warna tinta biru pada cartridge ini umumnya juga disebut dengan warna Cyan. Selain itu, letak dan posisinya ini umumnya ada di bagian bawah kiri dari cartridge. Nah, saat Anda nanti mengisi ulang tinta warna biru di printer merek Canon, pastikan untuk menggantinya di bagian kiri kartrid.

Tinta Warna Ini Ada di Bagian Kanan Bawah Cartridge
© freepik.com
3
Tinta Warna Ini Ada di Bagian Kanan Bawah Cartridge

Warna Kuning (Yellow)

Rekomendasi kami

Urutan warna cartridge yang terakhir adalah kuning. Umumnya, warna kuning pada katrid biasanya juga disebut dengan nama “Yellow”. Jika warna biru letaknya ada di bagian kiri cartridge, maka warna kuning berada di bagian bawah kanan dari cartridge. Jadi, saat Anda mengganti tinta warna kuning printer Canon, gantilah di bagian kanan bawahnya.

Tanya Jawab Seputar Urutan Warna Cartridge

Bagaimana, Volties? Sudah tahu tentang susunan warna cartridge Canon? Kalau belum, coba baca beberapa pertanyaan di bawah.

Apa saja warna tinta printer Canon?

Tergantung dari jenis printer Canon yang Anda gunakan, maka penggunaan warna tinta juga berbeda. Contohnya adalah warna hitam, merah (magenta), biru (cyan), dan kuning (yellow).

Berapa cc isi tinta printer Canon IP2770?

Untuk printer Canon dengan tinta hitam, ukuran cc tintanya sebanyak 20 ml. Sementara mesin printer Canon dengan tinta warna, Anda bisa mengisi masing-masing warna tinta sebanyak 15 ml.

Printer Canon IP2770 menggunakan tinta apa?

Tinta pada printer Canon IP2770 menggunakan jenis tinta injek.

Apakah cartridge bisa diisi ulang?

Jawabannya bisa. Anda bisa mengisi ulang atau refill tinta warna dari cartridge mesin printer Anda.

Bagaimana mengisi tinta printer canon?

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk mengisi ulang tinta printer Canon. Anda harus mengikuti penjelasan di bawah untuk menghindari kesalahan saat mengisi tinta. Jadi, simak dengan baik!

  1. Pastikan mesin print Canon sudah menyala.
  2. Buka cover atas dari printer Anda.
  3. Kemudian, buka penutup kotak tinta.
  4. Pegang dan lepaskan penutup kotak dari kotak tinta yang akan Anda isi ulang.
  5. Setelah itu, ambil botol tinta baru dan buka dari kemasannya.
  6. Pegang botol tinta baru tadi secara tegak lurus dan putar tutup botol tinta untuk melepaskannya.
  7. Langkah terakhir, isi ulang kotak tinta dari mesin printer Anda.

Kesimpulan: Urutan Warna Cartridge

Itulah 3 urutan warna cartridge untuk mesin printer Canon yang wajib Anda ketahui. Sebagai kesimpulan, tinta warna merah (magenta) terletak di bagian atas cartridge, tinta warna biru (cyan) ada di bagian kiri bawah catridge, dan tinta warna kuning (yellow) terletak di bagian kanan bawah katrid.

Satu lagi, sebelum Anda mengisi ulang tinta print, pastikan untuk memilih cartridge yang sesuai dengan tipe dan series dari mesin printer Canon Anda. Pasalnya, jika tidak sesuai bisa berakibat fatal. Bahkan saat salah, mesin cetak Anda bisa jadi tidak akan mau beroperasi. Lebih buruknya lagi, printer akan rusak. 

Jika malas untuk mencari-cari di e-commerce, klik saja link dari produk yang sudah tim Voltbaba berikan di atas.  Semuanya adalah produk berkualitas untuk mesin printer Canon Pixma IP2770, MP287, MG2570S, E410, dan lainnya. Jadi, ayo segera belanja!

Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya. Harga yang tercantum di konten Voltbaba adalah harga terendah di marketplace, toko, atau situs resmi produk saat konten dibuat.
Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di konten ini, Voltbaba mungkin akan menerima sebagian komisi dari hasil penjualan produk tersebut.

Komentar & Diskusi

Berikan ulasan mengenai konten ini, ulasan anda akan sangat berguna untuk kami dan pembaca lainnya, bantu pembaca lainnya mendapatkan banyak informasi

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat Semua

Konten Serupa

Diliput oleh banyak media terpercaya di Indonesia

Detik.com Kompas.com Liputan6 Tribun Network Merdeka.com Tempo